Perbandingan Perbedaan Linux dan Windows

Perbandingan perbedaan Linux dan Windows merupakan hal yang Anda cari ketika bingung memilih sistem operasi komputer yang akan Anda pakai. Memilih sistem operasi komputer yang terbaik adalah hak Anda. Pada dasarnya semua hal mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing termasuk sistem operasi komputer seperti Linux dan Windows.Perbedaan Linux dan Windows

Memilih sistem operasi komputer yang terbaik berdasarkan kekurangan dan kelebihannya malah akan membuat Anda semakin bingung untuk menentukannya. Cara terbaik untuk memilih sistem operasi komputer adalah dengan mengenali perbedaan dari kedua sistem operasi komputer tersebut. Sehingga akan memudahkan Anda dan membantu Anda dalam mengambil keputusan sistem operasi komputer manakah yang terbaik menurut Anda. Perbandingan perbedaan Linux dan Windows adalah sebagai berikut ini:

1. Hak Atas Kekayaan Intelektual

Hal pertama, cobalah untuk melihat dari segi kekayaan intelektual dari masing-masing sistem operasi tersebut.

Sistem operasi Windows, sebagian besar software-softwarenya memiliki lisensi. Hal ini mewajibkan semua pengguna Windows harus membeli software dengan sejumlah uang tertentu. Selain itu, apabila terjadi pelanggaran terhadap penyalahgunaan software-software dari sistem operasi Windows bisa dikenakan hukuman pidana.

Sistem operasi Linux, tidak seperti Windows yang berbayar. Sebagian besar lisensi dari Linux adalah gratis dan memperbolehkan para penggunanya untuk mengembangkan software-software yang di dalamnya tanpa harus takut dengan adanya tuntutan hukuman pidana.

2. Tampilan

Hal selanjutnya, cobalah untuk lebih memperhatikan pada bagian tampilan dari kedua sistem operasi tersebut.

Tampilan dari sistem operasi Windows lebih bervariasi. Anda dapat mengubah tampilan Windows sesuka hati Anda.

Tampilan dari sistem operasi Linux, terkesan lebih monoton daripada Windows yang tampilannya bervariasi.

Linux

3. Ketahanan Virus

Perbandingan selanjutnya dengan melihat dari sisi keamanan atau ketahanan sistem operasi terhadap virus.

Ketahanan sistem operasi Windows sedikit lemah, karena mudah sekali terserang virus. Dan lebih membahayakan lagi karena virus tersebut mudah menyebar, bahkan dapat merusak perangkat keras komputer Anda jika di biarkan terlalu lama. Serta tidak menutup kemungkinan jika komputer Anda mudah di retas oleh para hacker yang tidak bertanggungjawab.

Ketahanan sistem operasi Linux lebih kuat. Bukan karena tidak akan terserang virus, sistem operasi Linux pun bisa terkena virus hanya saja virus tersebut mampu dikendalikan agar tidak mudah menyebar.

4. Harga

Hal terakhir tentunya Anda harus mempertimbangkan dalam masalah harga dari masing-masing sistem operasi.

Sistem operasi Windows memang lebih mahal, namun lebih laris dibandingkan dengan sistem operasi Linux. Hal ini dikarenakan sistem operasi Windows lebih mudah untuk dioperasikan bagi kebanyakan orang.

Sistem operasi Linux sangat murah, hal ini jauh berbeda karena untuk mendapatkannya Anda hanya cukup mendownload sistem operasi Linux yang sudah banyak beredar di internet.

Semoga beberapa perbandingan perbedaan Linux dan Windows yang dijelaskan di atas bisa memberikan gambaran yang cukup jelas untuk Anda dalam memilih sistem operasi terbaik untuk Anda gunakan.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Linux, Windows