Perbedaan Format Biasa dan Quick Format

Tahukah Anda, jika Anda melakukan format pada flashdisk atau harddisk komputer Anda, maka akan ada dua pilihan format, yaitu Format biasa dan Quick Format. Lalu apakah perbedaan dari Format dan Quick Format tersebut, dan apa saja efek yang didapatkan jika melakukan format biasa atau quick format? berikut ulasannya.

Biasanya orang-orang akan memilih quick format, karena proses formatnya sangatlah cepat dibandingkan dengan format biasa, namun terdapat perbedaan antara format biasa dan quick format, walaupun format biasa memakan waktu lama, tetapi format biasa melakukan beberapa pemeriksaan terhadap flashdisk atau harddisk anda, berikut Perbedaan Format Biasa dan Quick Format.

qucik format

Quick Format

Flashdisk atau harddisk yang diquick format hanya menghapus file nya saja, tanpa adanya pemeriksaan lebih lanjut, hal ini yang membuat proses quick format lebih cepat dari pada format biasa.

Ketika Anda melakukan quick format, mungkin saja kapasitas flashdisk atau harddisk anda mengurang, dan bisa saja file yang anda pindahkan mengalami corrupt atau rusak.

Format Biasa

Jika anda memilih format biasa, maka flashdisk atau harrdisk anda akan dilakukan beberapa pemeriksaan setelah file dihapus, pemeriksaan tersebut antara lain pemeriksaan bad sector pada flashdisk atau harddisk anda, sehingga memakan waktu yang cukup lama.

Ketika Anda melakukan format biasa, maka flashdisk atau harddisk anda seperti dibangun ulang, atau kembali kepengaturan awal, seperti baru lagi.

Nah, itu tadi Perbedaan Format Biasa dan Quick Format, Anda dapat memutuskan untuk melakukan format biasa atau quick format pada flashdisk atau harddisk Anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Komputer, Sharing