Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Perbedaan kamera SLR dan DSLR merupakan artikel yang akan membahas perbedaan dua jenis kamera yaitu kamera SLR dan kamera DSLR. Kamera merupakan salah satu perangkat teknologi yang banyak di gunakan saat ini. Salah satu penyebabnya adalah semakin berkembangnya teknologi kamera saat ini. Jika dulu kamera menggunakan negatif film sebagai media penyimpanannya. Sekarang kamera tidak menggunakan negatif film lagi, melainkan memori sebagai media penyimpanannya. Hal ini tentu membuat kamera jauh lebih praktis untuk digunakan.

Kamera SLR dan DSLR merupakan dua jenis kamera yang paling banyak digunakan saat ini. Kedua kamera ini memiliki beberapa perbedaan yang mendasar seperti yang akan di uraikan dalam artikel ini.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Perbedaan kamera SLR dan DSLR antara lain adalah sebagai berikut ini :

Ukuran dan Berat Kamera

Pada umumnya, kamera SLR memiliki ukuran badan kamera yang lebih kecil dan juga berat kamera yang lebih ringan di bandingkan dengan kamera DSLR. Sebaliknya, kamera DSLR memiliki ukuran badan kamera yang lebih besar dan bobot badan kamera yang lebih berat di bandingkan dengan kamera SLR. Walaupun sekarang sudah ada kamera DLSR yang memiliki ukuran badan kamera yang kecil dan berat kamera yang lebih ringan.

Kualitas Gambar yang Dihasilkan

Kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera SLR biasanya memiliki kualitas yang lebih rendah di bandingkan dengan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR. Jadi dapat disimpulkan bahwa kamera yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang terbaik adalah kamera DSLR.

Harga Kamera

Harga kamera SLR biasanya lebih murah di bandingkan dengan harga kamera DSLR. Kisaran harga untuk kamera SLR di bawah dua juta rupiah, sedangkan kisaran harga untuk kamera DSLR untuk pemula berada di kisaran empat juta sampai lima juta rupiah.

Dari uraian pembahasan mengenai perbedaan kamera SLR dan DSLR di atas dapat disimpulkan bahwa kamera DSLR lebih unggul daripada kamera SLR. Jika Anda mempunyai keahlian di bidang fotografi atau berniat mempelajari ilmu fotografi maka akan sangat tepat bagi Anda untuk menggunakan kamera DSLR agar kemampuan fotografi Anda terlatih secara profesional. Namun ada baiknya kamera DSLR ini selalu Anda jaga dan rawat dengan baik. Karena DSLR ini memerlukan perawatan yang baik agar tidak mudah rusak dan juga tahan lama. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai kamera DSLR maka jaga dan rawatlah kamera DSLR Anda dengan baik dan benar.

Sedangkan kamera SLR cocok digunakan sebagai kamera saku yang berfungsi untuk mengabadikan momen-momen tertentu yang berharga di kehidupan sehari-hari Anda. Kamera SLR ini juga cocok untuk Anda yang kurang terampil dalam fotografi karena kamera ini mudah digunakan dan membantu Anda dalam mengabadikan momen-momen yang berharga tersebut.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Kamera