Perbedaan Malware, Spyware dan Adware

Ancaman komputer bisa terjadi kapan saja. Data-data yang anda milii sangat mungkin untuk disadap, dirusak, dan atau dicopy bila salah satu dari maleware, spyware dan adware mengancam komputer Anda. Lantas, apakah perbedaan dari ketiga ancaman ganas komputer tersebut?

Cara Mengecek Virus Secara Online

Spyware

Anda perlu berhati-hati karena data yang anda unggah di situs internet bisa dimata-matai oleh spyware. Spyware sendiri merupakan salah satu bentu malware yang kerjanya mencari informasi user. Tak hanya berhenti sampai mendapatkan informasi saja, spyware juga menyadap apa saja yang anda ketik di atas keyboard. Tujuannya tidak lain untuk memperoleh informasi kartu kredit, membobol email, akun social media, ataupun akun bank anda. Sangat mengerikan bukan?

Tujuan lain dari spyware adalah mengawasi anda saat browsing di internet. Apa saja yang anda buka menjadi peluang bisnis bagi mereka sehingga menyediakan produk yang banyak dibutuhkan. Jadi, peluang bisnis bagi mereka semakin lebar.

Malware

Malicious software merupakan kepanjangan dari malware yaitu pengganggu komputer anda. Apa saja yang dilakukan maleware? Satu bentuk keganasan ini adalah menyerang file yang anda miliki, melakukan duplikasi diri sehingga merusak system kerja hardisk, merusak software, mengambil data, serta merusak system operasi pada laptop atau pc anda.

Maleware bisa berupa software atau sript (kode) yang kemudian menyamar menjadi user dan menjalankan system tanpa persetujuan. Maleware merusak dengan cara menggambarkan program atau mematikannya. Maleware yang ganas bahkan dapat mematikan antivirus yang anda pasang.

Banyak bentuk maleware hingga saat ini mulai dari Trojan, worm, virus, dan rookit. Cara kerjanyapun berbeda-beda. Ada yang mengumpulkan informasi sensitive, mengakses tanpa izin, mereplikasi, atau terkena serangan pada jaringan internet user.

Simak Tips Melindungi Komputer dari Malware.

Adware

Adware merupakan salah satu bentuk maleware yang biasanya berupa advertising atau iklan. Bila tiba-tiba muncul iklan saat menginstal program yang terjadi berulang berarti komputer anda telah terinfeksi virus adware. Sifat adware ini memang tidak merusak, hanya beriklan saja seperti file yang kita download. Tapi, seringkali membuat kita jengkel juga bila terlalu sering muncul.

Cara mengatasi Adware yaitu dengan menghapus cache browser yang kita gunakan, jika masih belom terjadi apa-apa sebaiknya uninstall browser Anda lalu install kembali.

Itu tadi pembahasan tentang Perbedaan Malware, Spyware, dan Adware. Semoga pembahasan di atas dapat menambah wawasan Anda dalam mengetahui perbedaan dari kejenis virus tersebut.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



Sharing