Perbedaan Photoshop dan Coreldraw

Kedua nama di atas merupakan software yang digunakan untuk mengedit objek gambar atau foto. Biasanya orang-orang yang berkecimpung di dunia periklanan, publishing, fotografi atau desain grafis selalu bersinggungan dengan kedua software tersebut. Lalu, apa perbedaan antara photoshop dan coreldraw?

Adobe Photoshop

photshop

Photoshop ini lebih banyak digunakan untuk mengedit foto seperti namanya. Misalnya bila anda ingin memperbesar atau memperkecil ukuran foto, mengganti background, memperbaiki, memadukan antara gambar yang satu dengan yang lain, membuat album pernikahan, atau foto-foto untuk iklan media cetak. Fasilitas yang diberikan photoshop atau yang biasa disingkat PS ini sangat lengkap dan termasuk mudah untuk digunakan.

Hingga saat ini PS sudah berkembang jauh hingga meluncurkan CS atau creative suite 8 yang tentunya memberi peluang besar bagi pengguna untuk mengedit gambar yang dimiliki. Kelebihan yang paling menonjol dari PS adalah hasil gambar yang sangat bagus dari tingkat ketajaman gambar, warna yang sesuai antara laptop dengan hasil cetak serta peluang seorang pengguna untuk mengembangkan kreativitasnya dalam mengubah file foto.

Photoshop juga memungkinkan adanya tulisan dan pengguna dapat mengubah bentuk tulisan tersebut menjadi sangat menarik dengan berbagai variasi. Penggabungan antara gambar dan tulisan juga sangat mungkin untuk dilakukan. Kelemahannya bila jumlah tulisan tersebut banyak, maka kurang dapat menyatu dengan gambar. Selain itu PS juga sulit untuk membuat garis-garis lengkung.

Kekurangan PS ini adalah berat di memori, perlu laptop dengan kapasitas tinggi agar proses pengeditan berjalan cepat. Jadi dari sisi ini perlu biaya yang besar untuk memiliki program tersebut.

Coreldraw

coreldraw

Berbeda dengan PS, coreldraw santa tepat untuk menyatukan objek bentuk vector dengan bitam atau tulisan dan gambar. Di program tersebut kita dapat dengan mudah membuat berbagai garis lengkung dan dikreasi semaunya. Sayang, coreldraw kurang bagus untuk mengedit foto. Andaikan bisa tidak maksimal. Coreldraw juga bisa hang sewaktu-waktu jadi harus rajin menyimpan gambar yang dihasilkan. Kekurangan lainnya adalah perlu kapasitas tinggi pula untuk memiliki program ini sehingga PC seringkali menjadi “lemot”.

Itu tadi pembahasan tentang Perbedaan Photoshop dan Coreldraw, kedua software tersebut merupakan software untuk mengedit foto namun dibedakan dalam tiap kebutuhan dalam mengedit. Semoga pembahasan di atas bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, , Sharing, Software