Perbedaan Prosesor AMD dan Intel

Merakit sebuat komputer desktop bisa memakan proses yang panjang yang melibatkan banyak keputusan. Untuk seorang yang mengerti hardware komputer, hal ini harus benar-benar diperhatikan, mulai dari core, kecepatan clock dan masih banyak lagi. Sebagian orang memilih cara yang mudah dengan mengabaikan detail teknis tersebut, dan menyanyakan hal yang mendasar: Intel atau AMD, mana yang lebih baik?

Ada dua prosesor yang menguasai pangsa pasar dunia saat ini, yaitu AMD dan intel. Keduanya memiliki perbedaan yang mendasar meskipun saat ini intel jauh lebih ngetren dibanding AMD. Tapi, bukan berarti intel selalu jauh lebih baik daripada AMD. Masing-masing prosesor ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut pembahasan tentang Perbedaan Prosesor AMD dan Intel.

Daftar Harga Processor AMD Terbaru

 

Jika performa adalah prioritas dan Anda memiliki budget lebih maka processor Intel adalah pilihan yang baik. Dari segi harga AMD masih di bawah intel, namun pangsa pasar intel lebih besar karena AMD kalah dalam hal promosi dibandingkan Intel. Alasan lainnyaa mungkin terletak pada beberapa keunggulan teknologinya, seperti Virtualization, Hyper Threading, Serta Turbo Boost yang dapat membantu kebutuhan sehari-hari. Bagaimanapun juga seseorang akan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya, terutama bila menyangkut pekerjaan.

Keunggulan intel yang lain adalah hemat daya. Prosesor intel tidak banyak memakan baterai sehingga laptop nyala lebih lama. Dengan kata lain prosesor intel juga hemat listrik.

Selain itu Intel terus mengembangkan teknologinya, mulai dari  generasi pertama yaitu Nehalem, Sandy Bridge, Invi Bridge, dan yang terbaru Intel Haswell.

Processor AMD Cepat Panas? Banyak anggapan yang mengatakan Processor AMD yang cepat panas menyerap lebih banyak daya. Itu dulu! Semenjak AMD merlilis Processor Phenom II dan Althon II AMD sudah merperbaiki kekurangannya tersebut.

Kelebihan AMD dibanding intel adalah AMD tidak memfokuskan pada kecepatan tinggi sehinggia processor AMD dapat bekerja secara efesien yang menyebankan frekuensi yang lebih rendah, bahkan processor AMD mampu menyamai kecepatan processor Intel yang memilki frekuensi lebih tinggi. Selain itu, karena AMD memiliki frekuensi yang lebih rendah, processor amd jadi lebih dingin.

Kecepatan AMD untuk jenis processor low-end berbeda dibanding intel, untuk jenis socket AMD AM2/AM2+ masih kalah dengan Intel socket LGA 775. Bahkan, AMD berkecepatan 2,8 Ghz mungkin sebanding dengan intel 2,2 Ghz. Untuk komputer atau laptop low-end untuk aplikasi ringan, misalnya ms.word, mungkin AMD lebih cocok.

Kelebihan AMD yang lain adalah dari segi harga yang jauh dibawah intel. Mengapa? Mungkin harga intel yang mahal itu karena adanya monopoli. Seperti yang kita tahu hingga saat ini hanya intel yang menguasai pangsa pasar. Namun, jika AMD terus mengembangkan processor varian Vishera atau Kaveri yang memilihi harga terjangkau dan sangat berkualitas, namun bukan berarti murahan.

Itu tadi perbedaan Prosesor AMD dan Intel dari segi kelebihan dan kecepatannya, Semoga setelah membaca informasi di atas Anda dapat menentukan pilihan prosesor untuk komputer/notebook Anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, , Hardware