Perbedaan WiFi dan WiBro

Pernahkan anda melihat Laptop connect ke internet tanpa kabel? teknologi tersebut dikenal dengan nama Wirelles Fidelity (WiFi), sedangkan Wireless Broadband (WiBro) adalah turunan dari WiFi yang lebih baik daripada WiFi itu sendiri, lalu apa Perbedaan WiFi dan WiBro?

Perbedaan WiFi dan WiBro
Perbedaan WiFi dan WiBro

WiFi

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireles Fidelity, yaitu komplotan standar yang digunakan untuk jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

WiBro

WiBro (Wireless Broadband) adalah yaitu layanan internet portabel yang dipancarkan pada frekuensi 2,3 GigaHertz (GHz). WiBro memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat. Termasuk ponsel, komputer notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, Wibro juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel. Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter, sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya.

Akses Wibro juga disebut masih bisa diterima di dalam kendaraan berkecepatan 60 kilometer per jam. WiBro dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax Forum. Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14 Mbps.

WiBro adalah pengembangan lebih lanjut dari standar teknologi buatan Korea yang disebut high-speed portabel internet (HPI). Para pengembangnya antara lain KT Corps, SK Telecom, dan Electronic & Telecommunications Research Institute. Kini standar teknologi HPI sudah dianggap termasuk satu dari standar teknis global mengingat HPI memakai standar 802.16e dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Pebedaan wifi dan wibro:

  • Jangkauan WiFi hanya sebatas 100.m sedangkan WiBro bisa sampai 1.km.
  • WiBro dapat di akses dari kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam, sedangkan WiFi tidak.
  • WiBro memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding WiFi

Persamaan wifi dan wibro:

  • Sama-sama koneksi tampa kabel (wireless).
  • Sama-sama punya jangkauan tertentu yang berbeda.

Demikian perbedaan dan persamaan wifi dan wibro, semoga membantu anda untuk mengerti akan perbedaan teknologi internet tanpa kabel tersebut.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Internet