Perintah Dasar Linux Untuk Pemula

Perintah dasar Linux untuk pemula merupakan artikel yang akan mengulas mengenai perintah-perintah dasar yang ada di dalam sistem operasi Linux yang sengaja kami bagikan untuk Anda terlebih bagi Anda seorang pemula yang baru pertama kali menjalankan sistem operasi ini. Anda merasa kebingungan saat menggunakan sistem operasi Linux karena tidak terbiasa. Atau karena ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan sistem operasi Linux saja. Tenang saja, artikel ini bisa memandu Anda dalam menggunakan sistem operasi Linux.

Yakni dengan mengetahui terlebih dahulu perintah-perintah dasar yang ada di sistem operasi Linux. Jika Anda sudah bisa menguasai perintah-perintah dasar yang ada dalam sistem operasi Linux, nantinya Anda akan lebih mudah dalam menggunakan sistem operasi Linux. Oleh karena itu, pahami dan praktekkan dengan baik perintah dasar Linux yang akan di bahas pada penjelasan di bawah ini.

Perintah Dasar Linux

Perintah dasar Linux untuk pemula adalah sebagai berikut ini:

  1. Shutdown -h now merupakan perintah dasar untuk mematikan komputer. Jadi Anda ingin mematikan komputer tinggal mengetik perintah shutdown -h now pada prompt dan tekan enter.
  2. Apt-get ‘nama aplikasi’ merupakan perintah dasar untuk menginstal aplikasi pada sistem operasi Linux. Kalau Anda ingin menginstal suatu aplikasi maka tinggal mengetik apt-get di ikuti oleh nama aplikasi yang ingin Anda instal tersebut pada prompt dan jangan lupa untuk mengetik tombol enternya
  3. Nama file: rm ‘namafile’ merupakan perintah dasar untuk menghapus sebuah file berdasarkan nama file tersebut. Bila Anda ingin menghapus suatu file yang keberadaannya tidak Anda inginkan, maka cukup saja ketik rm yang di ikuti oleh nama file yang ingin Anda hapus tersebut pada prompt dan tinggal tekan saja tombol enter pada keyboard kesayangan Anda.
  4. Mkdir ‘nama folder’ merupakan perintah dasar untuk membuat sebuah folder pada sistem operasi Linux ini. Jika Anda ingin mengumpulkan file dalam satu folder maka Anda bisa membuat folder tersebut dengan cara mengetikkan mkdir di ikuti nama folder yang Anda inginkan pada prompt lalu tekan saja tombol enternya.
  5. Cd ‘letak folder’ merupakan perintah dasar untuk menentukan lokasi folder yang telah Anda buat pada perintah dasar sebelumnya. Caranya yakni dengan mengetik cd di ikuti lokasi folder yang Anda inginkan pada prompt dan jangan lupa mengetik tombol enternya agar perintah ini berfungsi.

Itulah beberapa perintah dasar Linux untuk pemula yang ada pada sistem operasi Linux. Perintah dasar pada sistem operasi Linux memang harus diketik secara manual karena bentuk dari perintah dasar ini adalah perintah baris. Terlihat sedikit ribet memang karena kebanyakan perintah harus di ketik. Tidak seperti sistem operasi Window yang bersifat friendly user dalam setiap bentuk perintah dasarnya. Yakni dengan memaksimalkan fungsi mouse karena perintah dasar pada Windows cukup di klik saja menggunakan mouse.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Linux