Perkembangan Teknologi Nusantara

Perkembangan Teknologi Nusantara begitu pesat di Indonesia, dengan adanya pemikiran masyarakat yang maju memungkinkan munculnya ide-ide hebat yang kian tumbuh berkembang, serta memajukan negara dalam bidang Teknologi dan Informasi. Berikut adalah artikel tentang Perkembangan Teknologi Nusantara.

sumber gambar google image

Dewasa ini semakin banyak teknologi canggih dibuat untuk membantu manusia menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Komputer digunakan secara meluas dalam berbagai aktivitas di kehidupan manusia seperti perbankan, perdagangan, industri, pendidikan, komunikasi dan lain sebagainya.

Contoh kemajuan teknologi di bidang perbankan; Sebelum era globalisasi kirim-mengirim menjadi hal yang tabu bagi masyarakat, diakibatkan proses kirim-mengirim uang yang memakan waktu, yang diharuskan menggunakan jasa pengiriman atau kantor pos. Kini dengan adanya Uang Elektronik (ATM, Kartu Kredit, Debit Card, dll) proses kirim-mengirim uang sangatlah mudah, manusia dimanjakan dengan adanya perkembangan teknologi ini.

Contoh lainnya dalam bidang pertanian; Dahulu, segala macam hal tentang pertanian semuanya dilakukan secara manual, dari membajak sawah yang meggunakan kerbau, menamam bibit, menyiram panen, mengolah hasil panen dan lain sebagainya. Kini dengan adanya kemajuan teknologi hal seperti membajak sawah dapat menggunakan mesin traktor, dengan adanya kemajuan teknologi ini petani diuntungkan dalam segi waktu, hasil panen yang melimpah dan masih banyak keuntungan-keuntang yang diperoleh dari penggunaan teknologi.

Setiap perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan negatif, teknologi yang maju bisa mencerdaskan manusia dengan adanya suatu informasi berkembang pesat, tapi teknologi juga bisa menghancurkan kehidupan sosial antar masyarakat. Berikut adalah dampak Positif dan Negatif Teknologi Nusantara:

Dampak Positif Teknologi Nusantara

Informasi semakin cepat dan mudah diakses untuk kebutuhan masyarakat, bagi setiap orang yang ingin mendapatkan informasi sangat dipermudah oleh perkembangan teknologi ini, begitu pula penyebaran dan penyampaian akan informasi, informasi yang disampaikan sangat cepat diketahui oleh setiap orang yang membacanya, contohnya informasi tentang teknologi terbaru, berita yang disampaikan begitu cepat menyebar ke seluruh dunia.

Pekerjaan juga lebih cepat selesai dengan adanya perkembangan teknologi, sebelum adanya komputer dan printer setiap tulisan diketik manual atau menggunakan mesin tik, proses penulisan pada mesin tik memakan waktu lama, dan jika ada tulisan yang salah maka diharuskan ketik ulang. Kini dengan adanya komputer setiap tulisan yang akan dicetak bisa dikoreksi terlebih dahulu, jika ada tulisan yang salah dapat dilakukan proses edit. Pekerjaan dengan teknologi komputer akan selesai lebih cepat dan akurat.

Masih banyak hal positif yang didapatkan dari perkembangan teknologi ini, dan setiap orang yang memanfaatkannya akan menikmati kemajuan teknologi tersebut

Dampak Negatif Teknologi Nusantara

Ada beberapa hal yang menjadikan perkembangan teknologi memiliki dampak negatif, hal tersebut tergantung bagaimana kita menyikapinya, contoh kasus: kini banyak orang tua yang memanjakan anaknya dengan teknologi-teknologi yang ada, tidak jarang saya lihat anak berusia 5 sampai 10 tahun sudah memiliki teman yang disebut gadget, jika anak sekecil itu sudah kenal teknologi dibandingkan dengan anak usia di atasnya memang bagus untuk kemajuan informasi, tetapi bagaimana dengan kehidupan sosialnya? Ini tentang bagaimana sikap orang tua menyikapi perkembangan teknologi terhadap anaknya.

Dampak negatif lainnya yaitu bermunculan penipu dan penjahat online, untung saja hal ini sudah disikap pemerintah dengan adanya UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik), tetapi tetap saja kita mesti wasapada dengan adanya penipu online di era kemajuan teknologi

Mensiasati Perkembangan Teknologi

Teknologi kini sudah menyebar diberbagai kalangan, dari anak kecil hingga orang tua menikmati perkembangan ini. Namun apa jadinya jika terus-menerus teknologi menguasai kita? Lebih baik jika kita menguasai teknologi daripada dikuasai teknologi. Hal ini tergantung bagaimana kita menyikapinya, jika kita menyikapi perkembangan teknologi dengan positif tentu kita akan memperoleh pengetahuan informasi yang tersebar dan bisa memanfaatkan teknologi ke bidang yang positif. Namun jika kita mengarahkan teknologi ke hal yang negatif tentu saja bisa merugikan diri sendiri seperti merusak moral atau menjauhkan diri sendiri dari kehidupan sosial, dan orang lain juga merasa dirugikan dengan adanya orang yang memanfaatkan perkembangan teknologi secara negatif.

Teknologi seperti pisau bermata dua, dapat menguntungkan dan dapat merugikan setiap penggunanya tergantung bagaimana ia menyikapinya. Baru saja Anda membaca tulisan tentang Perkembangan Teknologi Nusantara, semoga tulisan di atas bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Sharing