Solusi Ketika Ponsel Anda Terendam Air

Di zaman kemajuan teknologi saat ini, ponsel sudah menjadi trend tersendiri, bahkan sudah menjadi barang pokok yang “wajib” dibawa. Bahkan ada yang bilang, ponsel bagaikan “belahan jiwa”.

Hmmm… terkadang, saking tidak ingin lepas dari ponselnya itu, kebanyakan orang kemanapun dan dimanapun ia berada, selalu membawa ponsel. Bahkan ke kamar mandipun, tetap saja dibawa. Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti ponsel terkena air, maka anda harus memperhatikan tips berikut, berikut adalah Solusi Ketika Ponsel Anda Terendam Air.

1. Segera ambil ponsel dari air

Segera ambil ponsel anda dari dalam air, dan matikan ponsel anda secepat mungkin. Bisa dilakukan dengan mematikan secara paksa atau melepas baterai. Karena air yang masuk kedalam ponsel dapat menyebabkan hubungan pendek arus listrik yang membuat ponsel menjadi sekarat.

ambil-ponsel-dari-air-300x231

2. Jangan ambil ponsel di dalam air, ketika ponsel sedang di charge

Karena listrik yang masih menyala akan mengalir kedalam air. Segera cabut listrik dari colokan, ambil ponsel dan kemudian cabut charge dari ponsel.

3. Keringkan ponsel

Untuk mencegah kerusakan, keringkan ponsel dengan melepas semua aksesoris, cashing, dan baterai beserta komponen lainnya dengan menggunakan kain, handuk, atau tisu. Atau bisa juga mengeringkan ponsel dengan cara dikipas sambil dimiringkan.Lepas cover dan baterai

cara mengatasi hp terkena air

4. Lepas SIM Card dan Memory Card

Karena bila tidak dilepas, komponen tersebut akan memerangkap air didalam ponsel, dan kemungkinan akan menyebabkan korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal. Segera keringkan, dan jangan memasukkan SIM Card dan Memory Card sebelum ponsel Anda benar-benar telah kering.

5. Menggunakan alkohol dan penyedot debu

Tambahkan alkohol pada kain saat menggosok komponen ponsel. Bila ada, bisa juga menggunakan alat penyedot debu. Arahkan dengan jarak yang tidak terlalu dekat pada bagian yang basah, selama kurang lebih 20 menit.

Perlu diketahui, hindari pengeringan dengan menggunakan hair dryer maupun alat lain yang meniupkan angina seperti kipas angin, dll. karena justru bisa menyebabkan air semakin masuk kedalam.

6. Gunakan beras atau Silica Gel

Pengeringan ponsel yang basah, bisa juga dengan memasukkan ponsel kedalam beras dan diamkan selama 24 jam atau lebih. Hal ini dilakukan agar kondisi ponsel bisa benar-benar kering.

cara mengatasi hp terkena air

Atau bisa juga dengan menggunakan Silica Gel. Caranya, masukkan silica gel dengan ponsel dalam wadah tertutup, beberapa saat kemudian balik posisi ponsel agar kering merata. Silica Gel sendiri bersifat higroskopis, yaitu menyerap air dan membuat kondisi lingkungan disekelilingnya bebas lembab.

7. Selanjutnya, coba nyalakan ponsel Anda

Setelah semua langkah-langkah diatas sudah Anda lakukan, silahkan masukkan baterai dan coba nyalakan ponsel Anda. Bila ternyata ponsel Anda sudah menyala dan dapat berjalan normal, Anda dapat memasang kembali Cassing, SIM Card, dan Memory Card.

Tetapi, jika ponsel Anda tidak bisa menyala dan tidak normal, kemungkinan terjadi korosi yang diakibatkan oleh air yang masih tertinggal. Silahkan ulangi langkah-langkah diatas, dan coba hidupkan kembali jika ponsel sudah benar-benar kering.

Dan jika pada akhirnya, masih saja belum kembali normal, silahkan bawa ke Service Center. Bila memang tidak terselamatkan berarti inilah waktu yang tepat untuk memperbarui alat komunikasi anda.

Baru saja anda membaca tips Solusi Ketika Ponsel Anda Terendam Air. Semoga bermanfaat

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Gadget, Tips dan Trik