Solusi Masalah Laptop yang Tiba-tiba Mati

Solusi ketika laptop Anda mati secara tiba-tiba, ternyata cukup sederhana. Sebelum menuju ke pembahasan tersebut, mari kita tahu bagaimana seluk beluk ataupun asal usul mengapat perangkat laptop mati dengan sendirinya. Salah satu penyebab yang umum terjadi adalah tersumbatnya sirkulasi udara di bagian prosesor karena kipas pendingin yang kotor. Atau karena saluran pembuangan udara dari kipas pendingin yang ada di dalam laptop tersumbat sehingga kotoran tidak terbuang tapi justru menumpuk. Hal inilah yang nantinya menyebabkan prosesor cepat panas.

Apabila perangkat prosesor sudah panas, maka yang terjadi adalah laptop tiba-tiba mati. Ciri-cirinya, setelah dihidupkan beberapa menit (10 menit ke atas) maka prosesor akan panas karena tidak mendapatkan sistem pendingin yang baik. Sehingga prosesor akan mati dengan sendirinya, pun laptop Anda juga akan mati secara keseluruhan. Mengapa dapat mati dengan sendirinya? Sebagaimana telah tersematkan bahwa prosesor memiliki sensor thermal (suhu) yang apabila terkena panas yang berlebihan dan sudah melebih ambang batas maka akan mati secara otomatis guna menghindari terjadinya konsleting ataupun hal-hal yang tidak dinginkan lainnya.

Laptop Tiba-tiba Mati
Laptop Tiba-tiba Mati

Cara Mengatasi Laptop Mati Tiba-tiba

Nah, setelah mengetahui bagaimana kronologi laptop Anda mati secara tiba-tiba, maka selanjutnya adalah dengan menerapkan solusi masalah laptop yang tiba-tiba mati. Berikut ulasan singkatnya, silakan dipahami dan kemudian diterapkan.

  • Bongkar laptop Anda secara hati-hati, kalau perlu cari bantuan orang yang sekiranya telah ahli dalam bidang bongkar-pasang perangkat laptop.
  • Lepas kipas pendingin, dan kemungkinan besar di situ terdapat banyak debu.
  • Bersihkan debu yang menempel, oleskan cairan khusus untuk membersihkan perangkat keras laptop.
  • Kemudian keringkan sejenak, lalu usap dengan menggunakan tisu atau kain khusus untuk membersihkan perangkat laptop.
    Selesai.

Demikianlah ulasan singkat mengenai solusi masalah laptop yang tiba-tiba mati tak terkendali. Semoga Anda dapat menerapkannya di rumah apabila benar-benar terjadi pada Anda, dan semoga berhasil. Terima kasih telah menyempatkan diri untuk sekedar menyimak artikel kami mengenai solusi masalah laptop yang tiba-tiba mati.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tips dan Trik