Teknik Dasar Cara Menggunakan Kamera DSLR

Teknik dasar cara menggunakan kamera DSLR adalah berbagai teknik dan pengetahuan dasar mengenai untuk menggunakan kamera DSLR. Kamera DSLR saat ini tengah populer di kalangan para pencinta fotografi. Khususnya di kalangan remaja yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai dunia fotografi. Tapi cara menggunakan tidak semudah menggunakan kamera digital yang pengaturannya sudah otomatis. Walaupun kamera DSLR pun bisa di atur secara otomatis, namun sayang sekali rasanya tidak menggunakan pengaturan manual. Karena Anda akan melewatkan keterampilan untuk meningkatkan kemampuan fotografi Anda dengan pengaturan manual ini. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui teknik dalam melakukan pengaturan kamera DSLR sebagai bekal Anda untuk memotret dengan kamera DSLR. Teknik dasar cara menggunakan kamera DSLR adalah sebagai berikut :

Teknik Dasar Cara Menggunakan Kamera DSLR

White Balance

Teknik dasar cara menggunakan kamera DSLR yang pertama adalah melakukan pengaturan manual untuk white balance. Hal pertama yang Anda perlukan untuk melakukan pengaturan dasar white balance ini adalah sebuah kertas kosong berwarna putih atau apapun yang berwarna putih. Kemudian fokuskan kamera Anda ke dalam dengan menggunakan manual fokus. Pastikan seluruh frame foto di penuhi oleh kertas putih tadi. Lalu gunakanlah skal kelvin untuk mengatur white balancenya.

Fokus

Teknik dasar yang kedua adalah melakukan pengaturan manual untuk fokus. Dengan kondisi kamera yang berada dalam mode manual, aturlah fokus kamera Anda dengan cara memutarkan ring fokus yang ada pada lensa. Dapatkan fokus kamera yang tepat untuk hasil foto yang memuaskan.

ISO

Berikutnya yang ketiga adalah melakukan pengaturan manual untuk ISO. ISO bisa di katakan sebagai pengaturan untuk mengatur cahaya. Semakin tinggi Anda mengatur ISO maka semakin banyak pula cahaya yang akan dimiliki pada setiap gambar atau foto yang Anda hasilkan. Sebaliknya semakin rendah Anda mengatur ISO semakin sedikit pula cahaya yang di miliki pada setiap foto atau gambar yang Anda potret. ISO yang tinggi sangat cocok untuk di atur ketika Anda hendak memotret di dalam ruangan atau pada malam hari. Sedangkan ISO yang rendah cocok untuk Anda aplikasikan untuk memotret di luar ruangan pada siang hari.

Shutter Speed

Setelah itu, lakukanlah pengaturan untuk shutter speednya. Shutter speed yakni pengaturan untuk kecepatan membuka atau menutupnya jendela kamera.

Diafragma

Cara menggunakan kamera DSLR yang terakhir yaitu melakukan pengaturan untuk diafragma yakni mengatur bukaan lensa kamera. Semakin kecil nilai diafragmanya maka semakin besar bukaan lensa kamera. Sebaliknya, semakin besar nilai diafragmanya semakin kecil bukaan lensa kamera. Jadi antara nilai diafragma dengan bukaan lensa kamera berbanding terbalik.

Nah, sampai disini mungkin Anda sudah mengerti cara menggunakannya. Namun selain itu, ada baiknya jika Anda juga mengetahui cara merawat kamera DSLR tersebut.

Demikian teknik dasar cara menggunakan kamera DSLR, mudah-mudahan bisa menjadi referensi dan panduan untuk Anda dalam menggunakan kamera DSLR sehingga menghasilkan foto-foto yang bagus.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Kamera