Tipe Struktur Organisasi

Tipe Struktur Ogranisasi diperlukan untuk sebuah pondasi organisasi. Ada beberapa pembahasan untuk menjelaskan struktur organisasi, muldai dari pengertian umum organisasi, ciri-ciri organisasi, bentuk organisasi, dan lain-lain.

Pengertian Umum Struktur Organisasi

Struktur Organisasi adalah cara yang disusun dan menjadi wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan, dengan cara membagi pekerjaan, bisa dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal untuk mencapai susunan dan hubungan tiap bagian pekerjaan dalam mencapai tujuan.

Bentuk organisasi menurut beberapa ahli:

  1. W.J.S Poerwadarminta mengatakan dalam kamus umum bahsasa indonesia bahwa Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur.
  2. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan untuk mengejar tujuan bersama.
  3. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  4. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  5. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. [5].
  6. Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon – alat) adalah suatu kelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Baik dalam penggunaan sehari-hari maupun ilmiah, istilah ini digunakan dengan banyak cara.

struktur organisasi

Tipe Struktur Organisasi

Terdapat beberapa tipe struktur organisasi, dalam tipe struktur organisasi ini perusahaan dapat memilih mana yang terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut tipe-tipe nya:

Struktur Tradisional

Struktur tradisonal yaitu berdasarkan fungsi divisi dan departemen. Fungsi ini adalah jenis struktur yang mengikuti aturan dan prosedur organisasi.Ciri-ciri struktur tradisional yaitu dengan memberikan garis otoritas yang jelas pada seluruh level manajemen. Berikut jenis struktur organisasi di bawah struktur tradisional:

  1. Struktur Lini
  2. Struktur Lini dan Staff
  3. Struktur Fungsional.

Struktur Divisional

Struktur divisional adalah jenis struktur yang berdasarkan divisi yang berbeda dalam suatu organisasi. Struktur-struktur ini dibagi kedalam:

  1. Struktur Produk
  2. Struktur Pasar
  3. Struktur Geografis.

Untuk menentukan struktur organisasi yang baik sangatlah penting, karena jika penetapan yang keliru maka akan merusak fungsi organisasi

Model Desain Struktur Organisasi

  • Model mekanistis, yaitu sebuah struktur yang dicirikan oleh departementalisasi yang luas, formalisasi yang tinggi, jaringan informasi yang terbatas, dan sentralisasi.
  • Model organik, yaitu sebuah struktur yang rata, menggunakan tim lintas hierarki dan lintas fungsi, memiliki formalisasi yang rendah, memiliki jaringan informasi yang komprehensif, dan mengandalkan pengambilan keputusan secara partisipatif.
  • Model Piramid,model ini di buat persis sebuah piramida.
  • Model Horizontal,Model ini dibuat dengan manarik garis lurus secara horizontal dengan pembagian funsional masing-masing bersama tugasnya masi-masing

Faktor Penentu Struktur Organisasi

Berikut adalah faktor-faktor utama yang diidentifikasi menjadi penyebab atau penentu struktur suatu organisasi:

  • Strategi
  • Ukuran organisasi
  • Teknologi
  • Lingkungan.

Di atas merupakan artikel tugas yang menjelaskan tentang Tipe Struktur Organisasi.

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Sharing