Tips Agar Baterai Laptop Awet

Perangkat laptop untuk sekarang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat menengah ke atas dalam memenuhi fasilitas pekerjaan dan kebutuhannya. Perangkat laptop pun banyak dibawa ke berbagai tempat untuk melakukan aktivitas bisnis dan lain sebagainya.

Kehadiran laptop ini memudahkan kita dalam menuntaskan pekerjaan yang harus diselesaikan dan kadang datangnya secara mendadak. Namun terkadang kita mendapat keluhan pada daya tahan baterai laptop yang sering lowbat atau bahkan lebih parah dari itu. Perlu diketahui bahwa masalah pada laptop itu bukan hanya pada software saja namun bisa juga berasal dari hardwarenya.

Perangkat laptop biasanya menggunakan baterai Li-Ion yang mempunyai daya tahan rata-rata hingga 4 – 5 tahun. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita dapat mempertahankan kekuatan daya tahan baterai laptop tersebut sehingga performa laptop sendiri dalam berjalan dengan optimal. Nah untuk menjawab persoalan tersebut kami menyajikan ulasan tips untuk merawat baterai laptop. Tak perlu lama-lama inilah cara agar baterai laptop menjadi awet.

Tips Agar Baterai Laptop Awet

1. Hindari kondisi baterai dalam keadaan 0 %

Pernahkah anda mengalami keadaan dimana laptop anda kehabisan baterai dan mati dengan tiba-tiba tanpa sempat mematikan dengan normal ? Nah, kejadian itu sebenarnya tidak baik untuk kualitas baterai laptop. Efek yang terjadi akan mempercepat baterai laptop anda menjadi aus. Oleh karena itu cas laptop anda ketika beterai laptop sudah kurang dari 15 %.

2. Pastikan Tegangan Listrik Stabil

Listik sangatlah penting dalam proses pengecasan laptop. Hal yang perlu diperhatikan ketika mengecas laptop adalah anda harus mengetahui bahwa tegangan listrik yang anda gunakan untuk mengecas itu benar-benar stabil. Karena jika tegangan listrik tidak stabil maka laptop anda akan mengalami masalah yaitu adaptor menjadi cepat rusak dan beterai akan drop.

3. Hindari Menaruh Laptop di Tempat Empuk

Pernahkah anda menggunakan laptop di tempat yang empuk seperti bantal, kasur, dan sejenisnya ? Jika pernah kami sarankan untuk mengentikan kebiasaan tersebut. Perlu diketahui bahwa laptop akan mengalami masalah ketika laptop di taruh di tempat yang empuk. Hal itu dikarenakan aliran udara panas yang keluar dari laptop terhalang.

4. Pilihlah Hibernate daripada Standby

Kenapa harus memilih hibernate? alasannya adalah bahwa proses ini akan membuat aliran listrik yang digunakan oleh laptop menjadi lebih irit dibandingkan proses standby. Karena pada proses hibernate beberapa servis akan dinonaktifkan dan itu baik untuk baterai laptop.

5. Bersihkan Baterai

Kebersihan memang menjadi hal yang penting dalam beberapa hal. Salah satunya adalah kebersihan baterai laptop. Dengan membersihkan baterai laptop menggunakan alkohol maka itu dapat membaut transfer daya listrik lebih optimal.

6. RAM

RAM yang mempunyai kapasitas besar akan membuat ketahanan baterai laptop semakin irit. Karena dengan adanya RAM yang berkapasitas besar maka penggunaan baterai akan lebih minim. RAM yang besar akan membuat kinerja baterai untuk mengeluarkan daya lebih ringan. Dengan begitu beban yang di tanggung baterai akan lebih berkurang.

7. Gunakanlah Cooling Pad

Panas adalah musuh utama baterai laptop. Hal itu harus dihindari agar kualitas baterai dapat terjaga selalu. Untuk mendapatkan baterai laptop yang tahan dan tetap optimal digunakan dalam jangka waktu yang lama maka hal yang harus anda lakukan adalah menggunakan cooling pad. Dengan mengguakan cooling pad maka sirkulasi udara akan terjaga dan suhu panas pada baterai dapat dikurangi.

8. Defrag Harddisk

Jangan malas untuk selalu mendefrag harddisk. Mendefrag harddisk secara rutin dapat membuat kinerja harddisk menjadi lebih bagus dan beban yang ditanggung oleh baterai dapat terkurangi.

9. Kurangi Penggunaan External Device

External Device seperti hard disk eksternal, wifi, bluetooh dan lainnya akan menguras penggunaan baterai Anda. Gunakanlah dengan bijak external Device tersebut agar baterai laptop anda lebih awet.

Demikianlah postingan dari kami yang berjudul Tips Agar Baterai Laptop Menjadi Awet. Semoga apa yang kami sajikan bermanfaat bagi anda dan terima kasih atas kunjungannya. Kini anda tidak perlu melepas baterai saat menyalakan laptop/notebook karena sudah ada teknologi Controlling Battery berikut ulasannya Perlukah Melepas Baterai Laptop/Notebook?.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik