Tips Aman ‘Nge-Twit’ di Twitter

Jika berbicara tentang Twitter pasti anda semua akan membayangkan si ‘burung’ biru yang sudah dikenal seanterio negeri. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang-orang yang sudah lanjut usia banyak yang memiliki akun twitter. Meng-update status, twitpict segala aktivitas bahkan makanan yang akan dimakan di dalam sosial media ini. waahh hebat bukan?

Dengan semakin terkenalnya jejaring sosial twitter ini semakin banya pula yang bergabung dan menggunakannya. Dengan adanya hal itu berarti juga meningkatkan juga para ‘pengguna jahat’ yang dengan mudahnya masuk dalam akun-akun pengguna lain. Dengan adanya para pengguna usil ini pastilah semua pengguna Twitter menjadi resah akan kenyamanannya ketika mau mentwit dalam twitternya.

Dan untuk anda para pengguna twitter berikut beberapa tips dan trik Aman ‘Nge-Twit’ di Twitter yang diberikan oleh Ema linaker, selaku perwakilan AVG Global Head of Online Engagement untuk keamanan informasi pada akun Twitter anda :

Panduan Lengkap Cara Membuat Twitter
Panduan Lengkap Cara Membuat Twitter

1. Batasi Pembicaraan Anda

Twitter adalah salah satu jejaring sosial yang penggunaannya sangat mudah, dengan kemudahan ini banyak dari pengguna twitter dengan mudahnya juga mengupdate tetang kegiatan-kegiatan dan lokasi-lokasi dimana mereka berada. Tapi mereka kadang tidak pernah menyadari jika akun miliknya merupakan akun publik yang berarti tidak ada batas dan perlindungan dalam akun tersebut dan membuat semua orang bisa melihat semua twettnya.

Tanpa sadar berkomentar yang tidak penting hanya sekedar memberikan balasan dari twett tersebut jika dibiasakan maka akan membuat orang lain mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan pengguna. Nah, hal inilah yang menyebabkan para penjahat bisa dengan mudahnya menjadikan pengguna tersebut sebagai target yang dijadikan korban berikutnya.

2. Berhati-hatilah Membuka Tautan

Jika anda mendapatkan satu link atau tautan yang dikirim kepada anda, ada baiknya anda berhati-hati. Baru-baru ini banyak para pengguna nakal yang menggunakan layanan pemendekan URL di Twitter untuk mengirimkan link jahat kepada setiap orang. Tautan pendek ini sangat sulit diketahui tentang situs yang ada didalamnya.

Banyak beberapa web keamanan yang bisa digunakan untuk mendeteksi tautan-tautan tersebut. Tetapi ada yang lebih penting dari itu semua. Yaitu ingatlah jika ada suatu tautan dikirim kepada anda dan meragukan ada baiknya anda mengabaikannya dan jangan membukanya.

3. Waspadalah!

Waspada terhadap teman-teman yang mengikuti ataupun yang anda ikuti dalam Twitter atau bahkan dalam tab pesan. Jika ada beberapa pesan yang dikirim kepada anda dan ada aktivitas mencurigakan dari akun teman anda yang bisa berbentuk spam ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu, apakah akun teman anda diretas seseorang untuk menyebarkan link pendek berisi malware.

4. Berpikir Sebelum Memposting

Ketika anda ingin menulis sesuatu di dalam twitter sebaiknya anda pikir-pikir terlebih dahulu, karena semua isi twett yang tidak terlindungi akan bisa dilihat semua orang di seluruh dunia. Jika twett tersebut sudah dihapus pun masih bisa dicari dalam tab pencarian. Pintarlah dalam mengambil langkah, jangan sampai satu tulisan dalam twitter anda akan berdampak panjang untuk anda. Dan dengan adanya tanda pagar (hashtag) yang kini semakin populer digunakan ditwitter membuat semua tulisan anda bisa dengan mudah dicari.

5. Jangan Lekas Percaya

Anda tidak pernah tahu siapa saja follower Anda di twitter. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang-orang yang mungkin memiliki niat buruk.

Sebaiknya anda membatasi follower ataupun orang yang anda follow, pastikan hanya teman-teman dekat anda dan jangan mudah mempercayai dengan orang-orang asing yang hanya anda kenal dalam dunia twitter. Ada kemungkinan besar jika mereka mempunyai niat yang buruk untuk anda.

6. Periksalah Aplikasi Pihak Ketiga Secara Seksama

Dalam twitter banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan. Dan ketika anda akan menggunakan aplikasi-aplikasi dalam twitter pastikan jika aplikasi tersebut memang benar-benar aman untuk anda gunakan. Anda bisa mencari tahu dari situs-situs yang ada tentang aplikasi yang banyak dipilih. Setiap aplikasi selalu menuntut anda memberikan password dan username anda untuk masuk kedalam aplikasi tersebut.

7. Informasi Password

Usahakan menggunakan password dalam setiap akun pada jejaring sosial, atau gunakan email yang beda untuk masing-masing jejaring sosial yang anda miliki. Hal ini bisa memudahkan anda menghapus akun email jika anda menutup akun twitter ataupun jejaring sosial lainnya.

8. Saat Log in

Teliti kembali pengaturan browser yang digunakan. Jangan sampai informasi anda masih ada dalam browser tersebut jika komputer adalah digunakan bersama.

9. Waspadalah Terhadap Serangan Phising

Jangan sampai anda terlalu asyik melakukan interaksi dengan pengguna lain melalui DM (Direct Message) sehingga membuat anda lalai untuk berhati-hati. Dan mereka bisa saja mencari informasi lebih lanjut tentang anda melalui DM ini untuk lebih memudahkan mereka untuk menipu anda.

10. Saat Menggunakan Telepon Seluler

Ketika anda melakukan aktivitas Twitter menggunakan ponsel. Berhati-hatilah dengan siapa saja yang meminjam ponsel anda. Meskipun itu adalah ponsel pribadi anda, ketika menyudahi kegiatan di Twitter ada baiknya anda melog out twitter. Ini untuk menghindari ada hal-hal buruk yang bisa terjadi ketika ada yang meminjam ponsel anda dan membuka aplikasi twitter yang ada didalamnya.

Baca Juga :

  1. Trik Menambahkan Followers Twitter Dengan Tweet
  2. Cara Tweet Mendapatkan Retweet Banyak

Berhati-hatilah dalam aktifitas Anda di dunia maya. Berikut diatas adalah Tips Aman ‘Nge-Twit’ di Twitter.

 

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Sosial Media, Tips dan Trik