Tips Backup Data pada Smartphone

Backup data diperlukan untuk mengamankan data smartphone anda, bisa jadi terjadi suatu hal yang tak diinginkan pada smartphone anda, seperti file yang rusak, sistem operasi yang error, dan lain hal semacamnya. Maka dari itu diperlukan backup data untuk mengantipasi kesalahan pada smartphone. Berikut adalah Tips Backup Data pada Smartphone.

backup-data-gadget

Backup Online

Dewasa ini pemback-up an data dapat berjalan dengan semakin mudah . Selain pem back – up an yang bisa Anda lakukan pada smartphone Anda, Anda juga dapat melakukan pemback – up an data secara online. Google menyediakan jasa backup data untuk para pengguna smartphone.

Pengguna smartphone dapat mengaktifkan setelan Backup my settings. Pemilik peranti iOS dapat Pemanfaatkan backup ke iCloud. Demikian juga pada peranti Android, Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

Bila diaktifkan di iOS, layanan ini tidak hanya akan mem-backup data kontak dan kalender saja, tetapi juga foto, musik, video dan buku. Di negara-negara tertentu khusus buat konten yang dibeli dari iTunes tersedia backup gratis tidak terbatas.

Pada komputer untuk menggunakan backup data online secara menyeluruh kita harus menyewa tempat hosting dulu. Anda mungkin enggan melakukannya karena alasan biaya bandwidth. Dalam hal ini Anda bisa memilih backup lokal.

Backup Lokal

Ponsel dan PDA pada umumnya sudah lama memiliki fi tur backup ke PC. Pada peranti iOS misalnya ini bisa dilakukan lewat iTunes, sedangkan BlackBerry bisa menggunakan BlackBerry Desktop Manager.

Android dan Windows Phone tidak memiliki utilitas yang sama untuk backup ke PC. Anda harus memasang utilitas dari pihak ketiga seperti Missing Sync.

Backup komputer pribadi ke cakram keras atau server rumahan sudah terintegrasi pada sistem operasi Windows maupun OS X. Pada Windows fitur ini disebut sebagai backup and restore, sedangkan pada OS X kita bisa memanfaatkan Time Machine .

Mudah bukan cara merawat smartphone, Anda hanya memerlukan kedisiplinan agar smartphone Anda senantiasa dalam performa yang baik. Selamat mencoba.

Setelah smartphone anda telah terbackup kini anda dapat merasa tentang karena telah mengantipasi kerusakan sistem pada smartphone anda. Baru saja anda membaca Tips Backup Data pada Smartphone.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget, Tips dan Trik