Tips Belanja Komputer Online Barang 2nd: Bekas

Membeli barang 2nd bisa menjadi alternatif saat membeli komputer, laptop dan gadget . Tidak hanya barang baru yang memiliki kepuasan tersendiri bagi beberapa user, tetapi barang second pun dapat membuat user memiliki kepuasan. Kepuasan dari membeli barang bekas tersebut sebagai contoh saat kita mendapatkan barang bekas namun kualitasnya seperti baru, bergaransi dan harga murah.

Saat ini banyak website smaupun forum yang menyedikan tempat jual barang bekas 2nd. Sebagai contoh nbcgrosir menjamin dengan menerapkan QC (Quality Control) akan setiap barang bekas/seken yang dijual. Selain kualitas produk, nbcgrosir juga memberikan harga produk yang kompetitif dan relatif terjangkau.

ban-pc-built-up-nbc

Misalkan, jika Anda sedang berencana membeli komputer rakitan atau laptop terbaru, namun budget yang Anda miliki hanya berkisar antara 4 – 5 juta maksimum. Jika Anda membeli barang baru mungkin Anda hanya akan mendapatkan komputer atau laptop dengan spesifikasi medium. Namun jika Anda melirik barang bekas kemungkinan Anda bisa membawa pulang komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

Saya sendiri adalah orang yang tidak ragu jika membeli barang 2nd, namun saat membeli barang 2nd ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut Tips Belanja Komputer Online Barang 2nd: Bekas.

Utamakan membeli barang 2nd yang bergaransi

Membeli barang second bukan berarti Anda tidak mendapatkan garansi sama sekali. Walaupun garansi yang didapatkan tidak penuh seperti saat membeli baru, tapi setidaknya kita tau bahwa barang tersebut bukanlah barang rusak dan memiliki perlindungan garansi

Jika barang yang kita inginkan sudah lewat masa garansi resminya. Mintalah ke penjual garansi personal, garansi personal yang diberikan penjual biasanya dalam hitungan bulan dan paling lama satu tahun. Hindari penjual yang tidak ingin memberikan garansi personal biasanya barang tersebut tidak awet atau barang-barang black market.

Garansi terdiri dari garansi resmi dan garansi personal, garansi resmi merupakan garansi yang diberikan pabrik ataupun toko, jika barang tersebut mengalami kerusakan Anda bisa datang ke costumer service produk atau ke toko tempat Anda membeli. Sedangkan garansi adalah garansi yang diberikan secara pribadi. Jangan lupa meminta bon/nota saat melakukan proses pembelian

Cek kredibilitas penjual

recommended seller

Untuk pembelian di forum: Reputasi forum yang baik tidak menjamin penjual tersebut adalah penjual yang baik. Cara paling efektif untuk mengetahui penjual tersebut terpercaya tau tidaknya adalah dengan melihat history jualannya, testimonial dari pembeli atas barang yang telah ia jual, cek nomor kontak/rekening apakah termasuk daftar blacklist atau tidak.

Jika masih ragu mintalah penjual menggunakan jasa “Rekening Bersama” atau janji bertemu, isitilah ini sering disebut sebagai CoD (Cash on Delivery).

Untuk pembelian di website: Memiliki domain sendiri juga belum tentu menjadi acuan apakah penjual tersebut terpercaya, pastikan website toko online tersebut memiliki informasi yang jelas, seperti kontak dan alamat yang jelas, testimoni asli, live chat yang terhubung ke costumer service dan gaya penulisan yang meyakinkan dan dapat dipertanggungjawabkan keaslian informasinya. Sebagai acuan website terpercaya untuk membeli komputer atau laptop second www.nbcgrosir.com atau www.nbcgrosir.co.id.

Harga yang lebih murah

Saat membeli barang 2nd tentu saja barang tersebut haruslah lebih murah dari pada harga barunya. Saat Anda membeli barang second Anda dapat mengecek harga baru barang yang Anda ingin beli, barang bekas memiliki selisih harga yang lebih murah.

Namun harga murah di sini bukan berarti murahan, banyak calon pembeli yang gelap mata yang membli barang dengan harga yang tidak logis alias sangat murah dan langsung melakukan transaksi. Biasanya harga yang “tidak logis” ini Anda akan ditipu habis-habisan, walaupun barangnya dikirim barang tersebut adalah barang replika (tidak asli).

Periksa kondisi barang saat diterima

Saat barang diterima di tangan Anda, melalui proses kirim-kirim atau CoD jangan lupa untuk periksa barang tersebut. Pastikan kondisi fisik barang tersebut sesuai dengan apa yang dicantumkan penjual. Selain kondisi fisik cek juga kondisi dalamnya, apakah spesifikasi tersebut sama dengan spesifikasi yang tertera pada refrensi Anda.

Demikian beberapa tips belanja komputer online barang 2nd: bekas yang dapat Anda terapkan. Tips tersebut diambil dari pengalaman-pengalaman orang saat membeli barang bekas secara online. Jangan lupa untuk memberikan feedback positif ataupun testimonial untuk penjual jika Anda merasa puas akan barang yang Anda beli tersebut. Semoga bermanfaat

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik