Tips Cara Memperbaiki Harddisk Rusak

Harddisk adalah media penyimpanan yang bisa menampung file dengan kapasitas simpan sampai puluhan giga dan perangkat ini tidak mudah rusak jika penggunaanya memang tepat dan benar. Dengan harddisk yang semakin berkembang semakin banyak pula permintaan konsumen tentang perangkat ini. Banyak vendor-vendor yang bersaing membuat sebuah harddisk yang memiliki penyimpanan yang luas dan memiliki kecepatan akses yang bagus.

Pada sebuah harddisk mempunyai di dalamnya ada beberapa komponen yang sangat penting. Beberapa bagian harddisk yang keras terdapat sebuah rangkaian trek melingkar yang biasa disebut dengan disk. Dalam setiap disk ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan bentuk pie yang dinamakan sector. Nah, sektor inilah yang berfungsi sebagai penyimpan data magnetis yang disimpan. Pada harddisk sering terjadi bad sektor karena spindle yang merupakan bagian pusar disk tidak bisa membaca motor listrik yang dikirimkan. Berikut adalah Tips Cara Memperbaiki Harddisk Rusak.

Tips Cara Memperbaiki Harddisk Rusak

Cek Kesehatan Harddisk

Nah untuk mengetahui jika adanya hard drive yang gagal adalah dengan menjalankan CHKDSK, utilitas dan juga check disk. Ini adalah aplikasi yang dibawa oleh windows yang dapat membantu anda memindai hard drive untuk pendeteksian jika terdapat kesalahan. Selain itu fungsi dari aplikasi-aplikasi ini adalah mengembalikan harddisk di puncak performanya. Aplikasi ini dapat bekerja dengan cara memberi tanda pada zona yang salah dan melakukan perintah pada komputer untuk memperbaiki atau melewati kesalahan tersebut. Di bawah ini adalah beberapa Tips cara memperbaiki harddisk rusak yang ke 1 :

  1. Buka “My Computer”
  2. Pilih hard drive Anda, klik kanan ikon hard drive.
  3. Pilih “Properties”.
  4. Klik “Tools” tab.
  5. Klik “Check Now”.

Jika Anda ingin memperbaiki semua maka anda dapat mengeklik pada Automaticallyfix file system errors” anda “Scanfor and attempt recovery of bad sectors” . Selanjutnya jika menemukan windows dialog baru Anda tinggal klik “Schedule disk check” to start

Fragment Data

Langkah berikut ini adalah cara memperbaiki kerusakan harddisk dengan mengorganisir data. Adapun langkah-langkah untuk melakukan perbaikan defrag data untuk pemulihan harddisk yang membuat kinerjanya menurun. Saat terjadi kesalahan registry, bersihklan registry untuk pengaturan hard drive yang efisien.

Cara melakukan defragment :

  1. Buka “Start” Menu
  2. Klik pada “Computer”
  3. Klik kanan C: drive atau gambar hard drive Anda.
  4. Gulir ke bawah ke Klik “Properties”
  5. Pada Menu Properties, Buka menu “Tools”.
  6. Pilih “Defragment Now”.
  7. Pada menu Disk Deframenter. Klik “Defragment”

Bersihakan Sampah

Mungkin terkadang anda lupa untuk menghapus file sampah yang sudah anda delete dari folder, hal ini juga bisa mengakibatkan harddisk  menjadi sangat menurun dan jika ini dibiarkan maka lama-lama harddisk akan rusak. Solusinya adalah bersihkan folder-folder yang sudah tidak diperlukan dan perbaikia hard drive lambat yang disebabkan oleh data efisien. Berikut cara memperbaikinya.

  1. Klik “Start”
  2. Pilih “Program”
  3. Buka “Aksesoris”
  4. Pilih “System Tools”
  5. Klik “Disk Cleanup”.

Demikian ulasan dari kami tentang tips cara memperbaiki harddisk rusak. Semoga bermanfaat bagi Anda, sekian terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik