Tips Cara Mengatasi Kinerja Android yang Lemot

Perangkat Android kini tengah menjadi buruan para konsumen pecinta Gadget. Memiliki tren yang sangat pesat, serta kans besar sebagai sistem operasi terbesar di dunia. Tentu saja perangkat smartphone maupun tablet berbasiskan Android cukup menjadi minatan terbesar. Namun demikian, tak menutup kemungkinan apabila perangkat Android yang dieluh-eluhkan banyak orang mengalami gangguan semacam lemotnya kinerja ataupun mengalami lag.

Cara Mengatasi Android Lamban/Lemot

Hal tersebut tentu saja akan menjadi pemicu kekesalan pengguna Android tanpa terkecuali. Nah, untuk mengatasi kinerja Android lemot serta pencegahannya diperlukan pengetahuan dasar dari si pemilik smartphone atau tablet Android itu sendiri. Dan pada bahasan kali ini, akan diulas bagaimana cara mengatasi kinerja android yang lemot. Langsung saja tanpa banyak basa-basi ini dia langkah-langkahnya.

Mengatasi Android Lemot

  1. Buang Aplikasi Tidak Terpakai
    Semakin banyak aplikasi pada perangkat Android Anda, maka akan semakin banyak pula memori yang dikerahkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut. Nah, dengan demikian kinerja Android juga akan menurun. Sebab secara sistem, perangkat Android dipaksa untuk bekerja melebihi kapasitasnya. Maka yang terjadi adalah kinerja menurun dan akhirnya mengalami lag sehingga terkesan lemot. Hal pertama yang patut Anda lakukan yakni dengan meng-unistal aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak perlu dipakai.
  2. Rutin Bersihkan Cache
    Cache merupakan data yang selalu muncul dan tercata di setiap aktivitas pada perangkat Android Anda. Dan pengaruhnya juga sangat kuat terhadap kinerja Android. Cara yang paling aman adalah dengan membersihkan cache secara berkala. Untuk lebih mudahnya Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih cache yang bisa Anda dapatkan melalui Google Play Store.
  3. Minimalisir Live Wallpaper dan Widget
    Keberadaan fitur live wallpaper dan widget pada perangkat Android Anda memang cukup membantu dan memperindah tampilan visualisasi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pengaruh terhadap kinerja juga sangat besar. Artinya jika Anda menghidupkan fitur live wallpaper dan widget maka yang terjadi adalah kinerja akan menurun akibat kebutuhan daya untuk menjalankan fitur live wallpaper dan widget. Mulai dari sekarang, coba untuk lebih bijaksana dalam me-manage penggunaan fitur live wallpaper (kalau bisa dihilangkan) serta widget (yang butuh saja).
  4. Update Perangkat
    Secara umum, yang namanya update tentu saja mengarah kepada kemajuan. Atau juga bisa untuk perbaikan. Nah, kaitannya dengan update sistem operasi atau firmware, ini sangat disarankan karena akan memberikan kinerja yang lebih baik daripada sistem operasi versi sebelumnya. Jadi, jangan segan untuk segera meng-upate perangkat Android Anda.
  5. Rooting
    Untuk langkah yang satu ini, Anda harus berhati-hati karena akan berakibat fatal jika menyalahgunakannya. Lebih baik Anda melakukan back-up terhadap seluruh file dalam perangkat Android Anda. Setelahnya, barulah memulai rooting yang mana tujuan utamanya agar bisa mengatur overcloacking processor sehingga kinerja Android dapat berjalan secara optimal.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada bahasan kali ini. Tentu saja dengan menerapkan cara-cara di atas minimal Android Anda tidak mengalami gangguan yang berkaitan dengan kinerja. Selebihnya, terima kasih atas atensi yang pembaca berikan sebatas menyimak artikel tentang Cara Mengatasi Android Lemot.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tips dan Trik