Tips Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Laptop cepat panas mungkin seringkali dialami oleh sebagian besar masyarakat yang menggunakannya. Pada umumnya laptop lebih cepat panas ketimbang komputer. Sebab, komputer itu sendiri memiliki perangkat yang terpisah antara layar monitor, keyboard dan juga CPU. Pada bagian CPU terdapat casing yang cukup besar, di dalamnya pun terdapat banyak ruang kosong. Nah, ruang kosong inilah yang menyebabkan CPU tidak cepat panas karena ada sirkulasi udara yang bagus.

Sementara laptop, tentu kita tahu bagaimana bentuk fisik laptop yang sangat erat dan berhimpitan antara perangkat keras satu dengan yang lainnya. Dan ini pun membuat sirkulasi udara di dalam laptop kurang lancar. Sehingga laptop yang kita gunakan akan cepat panas. Terlebih, bagi sebagian besar pengguna akan merasa jengkel karena berimbas pada kinerja laptop yang semakin lama semakin lambat atau lemot.

Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi laptop cepat panas, selain letak perangkat keras yang berhimpitan dan menimbulkan sirkulasi udara yang kurang lancar tadi. Namun pada dasarnya hanya disebabkan oleh beberapa perangkat keras yang mengalami sedikit kendala. Perangkat keras tersebut dapat dijabarkan antara lain: prosesor, harddisk, baterai, VGA, dan adaptor. Di sini, akan dikupas tuntas bagaimana mengatasi laptop cepat panas. Berikut ulasannya.

Cara agar Laptop Tidak Cepat Panas

Langkah pertama, Anda harus melakukan pengecekan terhadap komponen laptop yang panas. Mula-mula, Anda sentuh bagian keyboard lalu merabah ke bagian lain dan temukan bagian mana yang mengalami suhu tinggi atau panas. Kemudian bandingkan, panas yang saat ini rasakan apakah sama dengan panas pada saat pertama kali beli laptop. Berhenti melanjutkan apabila panas yang Anda rasakan sekiranya sama ketika pertama kali mengoperasikan laptop karena hal itu masih diambang batas kewajaran. Jika lebih panas, maka Anda dapat melanjutkan langkah berikut.

  1. Bongkar dengan hati-hati bagian middle cover laptop Anda, angkat dan sisihkan di tempat yang aman.
    Laptop Cepat Panas
  2. Buka skrup dan angkat penutupnya, lihat bagaimana kondisi perangkat kipas laptop Anda.
  3. Lihat bagian kipas yang kotor, Anda dapat membersihkan dengan menggunakan kain halus atau komprosesor untuk menyemprotkan angin agar lebih bersih.
    Mengatasi Laptop Panas
  4. Selesai, kini laptop Anda kembali bersih dan panas laptop dapat diminimalkan.

Laptop Cepat Panas dan Solusinya

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk sekedar menyimak artikel kami mengenai tips cara mengatasi laptop cepat panas. Semoga pekerjaan Anda cepat tuntas dan tetap lancar beraktivitas di depan layar laptop. Perlu juga agar Anda tidak mengalami gangguan mata dalam keseharian di depan laptop atau komputer, silakan simak artikel mengenai tips agar mata tetap sehat berlama-lama di depan layar monitor.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tips dan Trik, Tutorial