Tips Cara Merawat Harddisk

Tips Cara Merawat Hard Disk – Perangkat bernama hard disk drive atau yang sering disebut HDD ini memegang peranan penting. Harddisk sendiri berfungsi sebagai penyimpan data dengan kapasitas daya tampung tertentu. Ada banyak sekali macam harddisk sesuai dengan merk, tipe, dan kapasitasnya. Hingga kini, harddisk memiliki banyak varian termasuk di sektor kapasitas yang mencapai ukuran daya tampung cukup besar.

Namun demikian, mengingat perannya yang sangat fital, maka sepatutnya Anda selalu memperhatikan kondisi harddisk pada komputer Anda. Jika mengalami sedikit saja kerusakan, segeralah berkonsultasi kepada service center tempat di mana Anda membeli rakitan komputer. Untuk mengantisipasi adanya kerusakan, sebaiknya Anda mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan tips cara untuk merawat hard disk. Berikut kami ulas poin-poinnya.

Tips Merawat Harddisk
Tips Merawat Harddisk
  1. Pastikan suplai listrik terhadap perangkat komputer Anda stabil, sebab musuh utama harddisk adalah asupan listrik yang tidak stabil (hidup mati). Dalam artian jika listrik penyuplai tegangan ke komputer tidak stabil maka harddisk akan mengalami kerusakan. Sebagai contoh listrik tidak stabil adalah matinya arus listrik saat mengoperasikan komputer, disebabkan oleh pemadaman bergilir dari PLN.
  2. Matikan komputer Anda dengan cara yang benar, tidak langsung mencabut kabel ataupun menekan tombol power dan mematikan stabilizier. Melainkan Anda haruslah menonaktifkan komputer Anda melalui tombol shut down dan turn off.
  3. Lakukan defrag dan scandisk pada harddisk Anda untuk mengetahui bagian-bagian mana yang mengalami kerusakan atau sekedar mengecek apakah kondisi harddisk tengah bagus atau tidak, jika tidak maka akan dibetulkan secara otomatis. Proses defrag dan scandisk ini akan memakan waktu yang cukup lama, untuk itu Anda haruslah pintar-pintar mengatur waktu agar tidak semena-mena melakukan penyetopan pada saat masih pemrosesan defrag dan scandisk. Sebab hal itu akan merusak komponen harddisk itu sendiri.
  4. Usahakan untuk memperhatikan kondisi harddisk tidak dalam suhu yang tinggi. Ini dapat merusak komponen harddisk, untuk itu Anda harus mengatur sedemikian rupa CPU atau perangkat lain agar dapat berdampak baik yakni harddisk Anda tetap dalam kondisi suhu yang stabil (tidak tinggi/panas). Anda dapat menggunakan cooling fan agar CPU tidak panas sehingga harddisk tetap terjaga.

Demikian beberapa hal penting terkait cara merawat harddisk. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang tengah mencari-cari bagaimana cara atau langkah yang tepat untuk merawat harddisk agar tidak mengalami kerusakan.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik