Tips dan Trik Cara Merawat Laptop yang Baik

Cara merawat laptop kerapkali menjadi perbincangan hangat di internet. Simpang siur serta ada berbagai macam metode jitu untuk merawat laptop agar tetap awet dan tahan lama. Sebelumnya, kita tentu tahu bagaimana intensitas kerja perangkat laptop yang begitu tinggi. Walaupun mulai terkesampingkan oleh perangkat tablet, namun laptop tetap memiliki kans bahwa sangat nyaman digunakan untuk aktivitas menulis, editing foto dan video, melakukan riset data dan sebagainya. Secara keseluruhan, laptop masih menjadi prioritas utama untuk menunjang aktivitas harian atau pekerjaan.

Gambar Cara Merawat Laptop
Gambar Cara Merawat Laptop

Tips Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Nah, mengingat sangat pentingnya fungsi laptop dalam kehidupan kita, maka sebaiknya kita merawat baik-baik agar tetap awet dan tahan lama. Selain itu, agar fungsional perangkat laptop tetap terjaga sedemikian bagusnya. Bagi Anda yang menginginkan laptop tercinta tetap berkinerja secara maksimal, dan tetap membantu aktivitas harian Anda, maka sepatutnya Anda mengikuti langkah-langkah atau tips cara merawat laptop dari kami ekslusif untuk Anda. Berikut ulasannya.

  1. Perlakukan Laptop Anda dengan Hati-hati
    Tips cara merawat laptop yang pertama adalah memberlakukan laptop dengan hati-hati. Sebagaimana kita ketahui bersama, laptop merupakan perangkat portible jadi yang rentan rusak. Ada beberapa kerusakan yang kerapkali timbul, antara lain: layar patah/pecah, engsel patah, keyboard rusak, serta yang paling sering terjadi adalah power supply atau harddisk rusak. Khusus untuk harddisk, perangkat ini mudah rusak karena pada dasarnya harddisk tidak boleh menerima guncangan. Berlawanan dengan fungsi laptop yang mudah dibawa ke mana-mana, tentu saja sering terjadi guncangan. Misal saat dibawa dengan menggunakan sepeda motor. Maka dari itu, perlakukanlah laptop Anda dengan hati-hati. Letakkan di atas meja yang rata, lengkapi dengan cooling fan, membuka dan menutup layar dengan hati-hati, dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka laptop Anda akan bertahan lebih lama dan tetap berfungsi secara maksimal bagi kebutuhan masing-masing pengguna.
  2. Bersihkan Hardware Laptop
    Selain memberlakukan laptop dengan hati-hati, cara merawat laptop yang baik juga dapat dilakukan dengan membersihkan hardware atau perangkat keras laptop secara manual. Ruang di dalam laptop sangatlah sempit. Dan kita tentu tidak bisa menghalangi debu masuk ke bagian sela-sela laptop. Apalagi bagi Anda yang notabene perokok, maka akan sangat riskan kotor bagian hardware-nya. Untuk mencegah dan menangulanginya, cukup mudah. Gunakan saja vacum cleaner, dengan begitu maka debu pada laptop akan mudah untuk disedot. Namun, jika ingin lebih bersih lagi, maka Anda dapat membuka secara keseleruhan laptop Anda lalu bersihkan secara hati-hati. Cara membuka laptop pun juga harus dilakukan dengan hati-hati. Anda dapat melihat di buku panduan, atau mencari petunjuk di mesin pencari maupun situs resmi merk laptop Anda. Dengan demikian, hardware laptop Anda akan tetap bersih secara maksimal dan kinerjanya pun akan tetap terjaga. Sehingga laptop akan bertahan lama untuk digunakan dalam aktivitas harian Anda.

Demikianlah dua hal penting yang dapat kami sampaikan seputar tips dan trik cara merawat laptop dengan baik agar tetap awet dan tahan lama. Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda yang tengah berkebutuhan informasi mengenai hal ini. Tetap fokus dan teliti dalam menerapkan tips cara merawat laptop.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik