Tips Lancar Bermain Game dengan Windows

Perkembangan dunia games dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan yang signifikan. Terlihat dari munculnya jenis-jenis game terbaru yang mengusung grafis yang menakjubkan, cerita yang membuat penasaran dan kelebihan-kelebihan lain yang selalu memicu kita untuk melanjutkan bermain. Akan tetapi semua itu akan menjadi tidak nyaman ketika sedang asyik bermain tiba-tiba games terhenti dengan sendirinya. Pasti akan membuat kita kesal kan.

Kemampuan komputer memang menjadi masalah penting yang harus segera ditangani. Meskipun jika dinilai secara minimum require komputer anda sudah memenuhi atau bahkan lebih meskipun hanya sedikit. Akan tetapi ketika sedang dimainkan tiba-tiba terjadi lag dipertengahan dan itu membuat jengkel karena games sedang eror.

Nah, kejadian tersebut sebenarnya dikarenakan banyak hal, salah satunya adalah penggunan akses yang terlalu besar, hardware yang terlalu panas dan mungkin juga terjadi kerusakan RAM atau hardware lainnya dan bahkan driver dan lain-lain. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami ulas Tips Lancar Bermain Game dengan Windows.

Tips Lancar Bermain Game dengan Windows

Hentikan Proses Yang Tidak Penting

Jika anda sedang bermain game, sebaiknya aplikasi-aplikasi atau program yang sedang berjalan dan tidak penting lebih baik dimatikan. Hal ini akan sangat membantu kinerja komputer dalam menjalankan game yang anda mainkan. Beban RAM pun semakin ringan. Proses penghentian aplikasi atau program yang tidak dipakai itu bisa menggunakan CTRL + ALT + DEL atau dengan mengeklik kanan di taksbar windows lalu pilihlah Task Manager. Pilih aplikasi atau program yang tidak digunakan dengan menekan End Processe.

Proses penghentian yang dilakukan itu bukan tanpa dasar, jadi jangan menghentikan program / aplikasi tanpa aturan karena hal itu bisa jadi menimbulkan masalah pada windows. Untuk aplikasi atau program yang dapat dimatikan beberapa diantaranya adalah mesin pencarian seperti Chrome, Mozilla dll. Pada saat bermain game sebaiknya program seperti ini dapat mati sementara untuk menghemat prosesor dan kinerja RAM.

Update semua driver

Perusahaan-perusahaan hardware saat ini terus menerus melakukan pengembangan terhadap teknologinya. Peningkatan tersebut dimaksudkan untuk menawarkan kenyamanan dan kenunggulan terbaru dari teknologi yang telah lama. Ada baiknya bagi penikmat game untuk mengupdate driver-driver yang anda miliki agar kinerjanya bisa lebih baik. Untuk Nvidia dan AMD mungkin saja telah tersedia di website resminya ataupun telah disediakan update secara otomatis, namun hal itu tak terdapat pada driver yang lain. Nah, untuk menemukan driver lain tersebut cukup sulit di internet maka dari itu untuk membantu mempermudah menemukannya bisa memakai Software Device Docto, SlimDriver, atau DriverMax.

Pilih Harddisk Tercepat Untuk Instal Game

Dengan memilih harddisk yang terbaik yang anda miliki untuk menginstal game maka hal tersebut akan sangat baik dengan kinerja game yang anda mainkan. Harddisk sendiri merupakan bagian yang sangat penting yang digunakan untuk menyimpan file-file game yang akan dimainkan. Jika Drive sudah terlalu banyak isinya sebaiknya cari drive lain yang masih mempunyai ruang kosong yang banyak. Nah, untuk membantu mengecek harddisk yang akan digunakan untuk menginstal anda dapat menggunakan software benchmark seperti sisoft Sandra, HD Tune atau ATTO. Selain itu jika komputer anda didukung penggunaan USB 3.0 dan mempunyai flasdisk berkapasitas besar dengan teknologi USB 3.0 anda bisa menginstal game tersebut di Flashdisk sebab USB 3.0 sudah tak diragukan lagi kecepatan membacanya./

Pengaturan pada Windows

Tips dan trik yang berkaitan tentang windows sudah banyak ditemukan agar kinerja komputer menjadi lebih baik yaitu seperti membersihkan memori, menambah RAM ataupun membersihkan registry dan lain sebagainya. Namun untuk pengguna windows vista ke atas anda dapat menggunakan pengaturan power. Dengan itu anda dapat mengubahnya menjadi hight performance supaya kinerja komputer anda berjalan dengan maksimal.

Overclock VGA Anda

Peran dari VGA yang bertugas sebagai komponen komputer yang memproses gambar yang akan ditampilkan oleh layar anda sangatlah menentukan kesuksesan bermain game. Jika game yang anda mainkan memiliki grafik yang berat maka anda butuh VGA yang yang sepadan. Agar hasil yang anda dapat tidak mengecewakan sebaiknya anda atur VGA anda semaksimal mungkin. Untuk itu anda dapat menggunakan alat untuk overcloak yang terdapat di Nvidia dengan sebutan nTune dan di AMD disebut Overdrive. Akan tetapi penggunaan overclock ini memiliki resiko yang perlu diperhatikan. Jika anda menggunakan overclock terlalu besar maka beban yang ditanggung VGA nanti akan semakin berat. Pergunakan overclock ini dengan baik andaikan anda menemukan perubahan pada komputer anda seperti suhu komputer yang lebih cepat panas atau grafik yang mulai agak berbeda maka hentikanlah dengan segera overclock tersebut.

Nah berikut di atas adalah Tips Lancar Bermain Game dengan Windows. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik, Windows