Tips Memakai Google Drive di Android

Google Drive adalah salah satu layanan cloud storage paling populer. Selain karena berada di bawah naungan salah satu raksasa IT dunia, fitur yang disediakan juga beragam. Layanan ini mudah dipergunakan. Jika anda ingin menyimpan data tanpa memenuhi hard drive komputer, silakan pilih opsi yang satu ini. Kami ingin berbagi tips memakai Google Drive di Android.

Tips Memakai Google Drive di Android

  • Pertama, anda harus mencoba untuk bernavigasi di dalam akun Google Drive. Disana anda akan menemukan file tersimpan. Jika belum ada, coba untuk mengupload file, bisa file gambar, audio, video, atau yang lainnya. Semua file yang terupload bisa dikelompokkan memakai folder dan juga bisa diberikan tanda bintang untuk mengetahui file dan folder mana yang menjadi favorit anda. Dengan menyentuh file, anda akan membuka file tersebut. Kemudian dengan menyentuh menu dengan huruf i, anda akan melihat informasi detil terkait file atau folder yang dipilih.  Untuk pengguna iOS, anda bisa mulai dengan menyentuh menu dengan simbol 3 tanda titik, setelah itu silakan pilih i untuk menampilkan informasi detil. Pada laman tersebut, ada berbagai informasi ditampilkan, termasuk siapa yang punya hak untuk mengakses file, perubahan, dll. Opsi lain yang akan anda temukan antara lain rename, memindahkan, menghapus, dan berbagi file.
  • Untuk membuat dokumen dan disimpan langsung pada Google Drive, tekan menu dengan simbol +. Setelah itu, akan ada sheet untuk membuat dokumen baru. Disini anda juga bisa mengupload file dari perangkat bila perlu. Ada berbagai hal lain yang juga bisa dilakukan, termasuk membuat folder. Google Drive kompatibel dengan berbagai aplikasi bawaan dari Google. Kami sarankan anda untuk menginstal Docs pada perangkat Android supaya semua fitur bisa dipergunakan secara maksimal.
  • Upload file ke akun Google Drive sangat mudah dan jenis file apapun bisa di-upload. Jika file ingin ditempatkan pada folder tertentu, maka silakan menuju folder tersebut sebelum anda mulai mengupload. Jika tidak, maka item tersebut akan ditempatkan di root directory. Sapu layar dari kiri, anda akan menemukan berbagai pilihan, termasuk file yang baru diakses, diunduh, dan diberi tanda bintang. Ada pula menu untuk menampilkan jumlah kuota yang tersedia untuk setiap akun.

Nah, itu tadi beberapa tips memakai Google Drive di Android.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+