Tips Memaksimalkan Pemakaian Gmail

Di saat banyak email hosting provider bermunculan, Gmail semakin menancapkan kukunya. Kehadiran layanan ini memang sangat membantu mereka yang secara intens berkomunikasi lewat email. Pada dasarnya Gmail sangat mudah dimengerti. Antarmukanya terbilang sederhana, namun fiturnya sangat banyak. Selain itu, sistem keamanannya juga sangat baik, sehingga kita tidak perlu  lagi khawatir dengan email spam yang masuk ke dalam inbox. Jika anda ingin tahu bagaimana cara memaksimalkan pemakaian Gmail, maka kami akan berbagi beberapa tips penting untuk anda.

Tips Memaksimalkan Pemakaian Gmail

Yang pertama adalah fitur Mute. Banyak pemakai Gmail masih belum familiar dengan fitur yang satu ini, padahal manfaatnya sangat besar jika anda tidak ingin meneruskan komunikasi dengan email tertentu. Misalnya anda sering berkomunikasi dengan seseorang lewat email, namun karena satu dan lain hal, anda tidak ingin melanjutkan komunikasi tersebut. Jika ia terus mengirim email, maka updatenya akan terus terlihat pada kotak masuk.

Jika anda ingin mengabaikan kiriman tersebut, silakan pakai fitur Mute ini. Kemudian fitur berikutnya adalah selective quoting. Fitur ini memungkinkan kita untuk meng-quote bagian tertentu saja dari sebuah email. Misalnya anda tidak berniat untuk menquote semua bagian email, silakan block saja bagian yang anda inginkan lalu tekan tombol reply. Maka hanya bagian tersebut yang akan dimunculkan pada email penerima. Kemudian ada juga fitur Labs. Banyak pengguna Gmail yang tidak terlalu memperhatikan fitur tambahan yang tersedia karena mereka hanya ingin berkomunikasi saja.

Namun jika anda ingin mencoba berbagai fitur tambahan yang disediakan, coba saja kunjungi menu Labs. Ada banyak hal yang bisa ditelusuri pada bagian tersebut. Kemudian, pernahkah anda mencari email yang belum dibaca? Jika anda termasuk orang yang aktif berkomukasi lewat email, mungkin saja ada pesan-pesan yang anda lewatkan begitu saja tanpa pernah anda baca sebelumnya.

Nah, untuk melihat daftar email yang masuk namun belum sempat terbaca, anda hanya cukup mengetikkan is:unread pada kotak pencarian. Itu akan membantu menemukan semua email yang belum pernah anda buka. Kemudian jika ingin lebih spesifik mencari email tidak terbaca di inbox, maka anda bisa menambahkan tulisan label:inbox. Itu hanya segelintir tips untuk memaksimalkan pemakaian Gmail. Selamat mencoba.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik