Tips Membeli Memory Card Untuk Smartphone

Memory Card merupakan kartu memori untuk penyimpanan data, Anda dapat menyimpan data apa saja seperti foto, musik, dan lain-lain. Taukah Anda bahwa Memory Card dapat mempengaruhi kinerja smartphone Anda, jika Memory Card Anda tidak bagus maka kinerja smartphone Anda akan menjadi kurang optimal.

“Wah sayang sekali yah, terus bagaimana cara memilih Memory Card yang bagus untuk smartphone saya?” Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar Tips Membeli Memory Card untuk Smartphone.

sd card, mini sd, micro sd

Ketika Anda sedang membeli SD Card, ada 3 hal yang harus dipertimbangkan : ukuran fisik, kapasitas penyimpanan dan kecepatannya dalam menulis data.

Ukuran Fisik

Ada 3 ukuran pada Memory Card. Pertama SD Card, dimulai dari yang berukuran 32 x 24mm yang digunakan pada kamera digital, perekam video (handycam), perekam suara dan produk sejenisnya. Sedangkan sekarang smartphone menggunakan kartu yang lebih kecil lagi, sehingga ada Mini SD yang berukuran 21,5 x 20mm, dan kemudian Micro SD yang berukuran 11 x  15mm.

Anda bisa menggunakan Mini SD atau Micro SD pada SD Card, caranya dengan menggunakan adaptor SD Card, biasanya jika Anda membeli mini / micro SD dijual sekaligus dengan adaptor SD Card.

Jadi jika Anda ingin membeli dari ukuran fisiknya pilihan Micro SD, jika Anda ingin menggunakannya pada perangkat lain yang membutuhkan ukuran fisik yang lebih besar, Anda bisa menggunakan Adaptor SD Card.

Penyimpanan Data

Ketika kita melihat penyimpanan datanya, ada tiga jenis kartu, yaitu : SD, SDHC (High Capacity) dan SDXC (Extended Capacity).

Awalnya pada tahun 1999 SD Card dapat menyimpan data hingga 2GB menggunakan format FAT-12 atau FAT-16. Lalu pada tahun 2006 ketika konsumen membutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi, diperkenalkannya lah kartu SDHC berkapasitas tinggi yang dapat menyimpan data hingga 32GB dengan format FAT-32. Setelah itu pada tahun 2009 muncul kartu SDXC yang mampu menyimpan data hingga 2TB (terabyte) menggunakan format dari Microsoft yaitu ExFAT (Extended File Allocation Table).

Apple dapat mendukung ExFAT dengan Mac OS X 10.6.5 (Snow Leopadard) sehingga Exfat menjadi pilihan terbaik untuk berbagi penyimpanan atau mentransfer data yang berukuruan besar.

Jadi, SD Card dengan kapasitas 8GB dan 16GB sudah cukup besar untuk berbagai tujuan, namun tidak ada salahnya jika Anda memilih SD Card berukuran 32GB atau 64GB untuk memperluas penyimpanan data Anda.

Jika Anda membeli SD Card dengan kapasitas 64GB atau 128GB, sangat penting untuk mengetahui dengan cara memeriksa apakah perangkat smartphone Anda didukung dengan kapasitas penyimpanan Micro SD sampai kapasitas 64GB bahkan 128GB? Biasanya smartphone terkini hanya mampu sampai 32GB saja.

Kecepatan Memory Card

SD Card memiliki kelas yang berbeda-beda. Kecepatan SD Card kelas 2 adalah 2MBps, kelas 4 adalah 4MBps, kelas 6 adalah 6Mbps dan kelas 10 adalah 10MBps atau lebih. Dalam hal ini kecepatan kartu dilihat dengan kecepatan mentransfer data, seperti 45MB / s atau 90MB / s.

kelas memory card

Dalam rating kelas di atas perlu diperhatikan bahwa rating tersebut menunjukkan kecepatan minimumnya, cara untuk mengetahui kinerja kartu memory tersebut adalah dengan cara menjalankan tes benchmark.

Perlu diketahui juga bahwa megabyte perdetik – MBps, biasanya ditulis MB/ s, berarti 8 kali lebih cepat dari megabit perdetiknya (Mbps), karena 1 byte adalah 8 bit, berarti memory card kelas 2 yaitu 2 MBps kecepatan transfernya adalah 16Mbps.

Pilihan Memory Card

Jadi jika Anda membeli Memory card untuk handphone Anda, pilihlah kartu memory yang mendungkung dengan perangkat Anda, jika smartphone Anda mampu menampung hingga 32GB belilah memory card 32GB atau di bawahnya, jangan lebih dari 32GB. Dan juga perhatikan kecepatan transfer datanya.

Nah itu tadi sedikit Tips Membeli Memory Card Untuk Smartphone/Handphone, Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin membeli kartu memory.

 

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tutorial