Tips Membersihkan Lensa Kamera

Salah satu hal yang sangat menjengkelkan untuk pemilik kamera adalah jika ada debu, fog, jamur yang mengganggu lensa kamera. Gangguan tersebut sering menyerang pada kamera besar, seperti kamera DSLR atau mirrorless. Alat pembersih kamera yang sering di gunakan saat ini seperti cairan pembersih dan lap tidak bisa membersihkan lensa kamera dengan menyeluruh.

Karena ada beberapa alat penting lainnya, terutama untuk proses membersihkan bagian vital, seperti layar LCD, sensor, kaca lensa, mirror dan bodi kamera yang tidak bisa hanya dengan dibersihkan oleh cairan pembersih dan lap. Untuk dapat membantu Anda dalam membersihkan lensa kamera, berikut kamu ulas beberapa tips membersihkan lensa kamera melalui alat-lata yang sederhana. Sehingga tidak selalu harus mengeluarkan uang dan waktu untuk datang ke tukang service.

camera-lenses

Swab

Alat ini sangat penting karena biasanya digunakan untuk membersihkan bagian sensor kamera, baik dari jenis CMOS ataupun CCD. Swab adalah sebuah penyeka yang dibuat khusus untuk membersihkan bagian sensor pencitraan kamera DSLR serta seluruh permukaan optik yang sulit dijangkau. Yang harus diperhatikan, swab harus tetap steril, bersih serta aman dari kotoran lainnya.

Blower

Alat pembersih kamera ini salah satu yang populer dan banyak digunakan. Sebagai pengguna kamera, Anda wajib memilikinya karena sangat efektif membersihkan semua bagian kamera. Blower biasanya memiliki bentuk bulat lonjong serta terbuat dari karet. Pada bagian bawahnya, terdapat komponen berbentuk panjang serta adanya lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan angin.

Lens Tissue

Lens tissue atau lensa tisu memiliki bentuk yang lembut dan memang dirancang untuk membersihkan semua jenis optik pada lensa. Lens tissue dapat membantu membuat lensa anda bebas dari sidik jadi dan noda.

Sensor Clean

Sensor clean memiliki bentuk yang hampir sama seperti Swab, namun alat ini dikhususkan untuk membersihkan sensor kamera. Sensor clean dapat digunakan bersamaan dengan Swab, setelah Anda menggunakan Sensor Clean untuk menghilangkan kotoran debu dan sensor, proses selanjutnya Anda bisa menggunakan Swab.

camera-lenses 2

Carian Pembersih Optik

Cairan pembersih optik bisa didapatkan di toko-toko yang menjual kacamata. Cairan ini bisa digunakan untuk membersihkan lensa yang diserang oleh jamur. Cara penggunaannya, bisa dipadukan dengan kain chamois yang tentu harus bersih dan steril. Anda harus berhati-hati saat membersihkan lensa, terutama saat membongkarnya.

Cotton Bud

Alat pembersih kuping ini bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan kamera kesayangan kita. Cotton bud bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kamera, khususnya sensor. Sebelum Anda membersihkan menggunakan Swab atau Sensor Clean, Anda bisa membersihkan debu yang kasat mata menggunakan cotton bud.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan lensa kamera dengan berbagai alat yang sederhana, murah namun cukup efisien dalam merawat kamera kesayangan Anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Kamera, Tips dan Trik