Tips Membuat Food Photography yang Bagus

Bangbiw.com – Belakangan ini food photography atau memotret makanan sedang populer di kalangan anak muda. Tak jarang banyak yang mengabadikan setiap makanan yang dibuat sendiri atau yang dibeli diari luar untuk diunggah ke media sosial. Namun membuat food photography tidak semudah yang anda bayangkan. Dibutuhkan trik dan tips khusus agar hasil foto yang dihasilkan bisa maksimal dan tampak menggiurkan.

Ingin tahu caranya? Simak Tips membuat food photography yang bagus di bawah ini :

Pahami cara kerja kamera

Jenis kamera apa yang anda gunakan untuk membuat food photography, kamera profesional, kamera saku atau kamera ponsel. Sebaiknya pahami terlebih dahulu cara mengatur kamera beserta peralatan lain yang mungkin ingin anda pakai. Dengan begitu, memotret makanan akan menjadi lebih mudah.

food photography

Menata objek

Jangan lupa untuk menata objek atau makanan yang ingin dipotret. Tatalah makanan dengan semenarik mungkin. Gunakan dekorasi lain seperti peralatan makanan untuk mempercantik tampilan. Agar objek terlihat lebih detail , cobalah untuk membelah makanan agar terlihat lebih lezat dan menarik. Anda juga bisa menambahkan sentuhan personal dengan cara memegang piring makanan untuk difoto.

Atur pencahayaan

Hindari pencahayaan langsung seperti dibawah sinar lampu atau terik matahari. Carilah pencahayaan yang lembut, teduh dan terbuka seperti di dekat tirai tipis. Hindari penggunaan lampu flash karena dapat menyebabkan pantulan cahaya dari benda-benda yang berkilau seperti sendok dan piring. Selain itu, perhatikan juga arah pencahayaan dan hindari mengarahkan cahaya langsung dari depan.

Peralatan pendukung

Jika menggunakan kamera profesional, gunakanlah peralatan fotografi yang mendukung seperti tripod agar gambar tidak kabur, lensa makro yang berfungsi untuk menangkap detail makanan berukuran kecil, lampu flash, dan papan reflektor untuk memantulkan cahaya dan mengisi daerah bayangan.

food photography 2

Mencoba sudut berbeda

Jangan ragu untuk mengambil gambar sebanyak-banyaknya dengan mengeksplorasi berbagai sudut gambar. Anda bisa memotret makanan dari atas, samping, dekat maupun agak jauh. Terkadang, makanan akan tampak lebih bagus bila dilihat dari sudut tertentu. Namun sudut pengambilan gambar yang kurang tepat dapat merusak foto bahkan merusak selera makan.

Itu tadi tips jika anda ingin membuat food photography yang bagus dan menarik, dengan tips di atas Anda dapat menampilkan food photography yang bagus yang siap dipamerkan di instagram Anda atau di sosial media, selamat mencoba.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Kamera, Tips dan Trik