Tips Memilih Harddisk External / Portable

Artikel kali ini adalah membahas tentang Tips Memilih Harddisk External / Portable, mari disimak artikel berikut – Data merupakan isi atau inti dari sebuah media elektronik, khususnya komputer, laptop, handphone, dsb. Baik data itu berupa gambar, tulisan, software, video, dsb. Data-data tersebut yang kemudian disimpan dalam suatu wadah, yang disebut Harddisk. Harddisk ini biasa terdapat di computer maupun laptop. Handphone tidak menggunakan harddisk, tetapi menggunakan kartu memori. Meski begitu, fungsinya sama yaitu menyimpan data-data.

Adapun sebuah harddisk yang bersifat portable atau mudah dibawa kemana-mana, yang disebut dengan Harddisk Portable. Memilih sebuah harddisk yang tepat terkadang sangatlah membingungkan. Karena, bagi sebagian orang belum mengetahui bagaimana dan dilihat dari segi apakah saat membeli harddisk. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya ingin menjabarkan beberapa Tips Memilih Harddisk Portable / External yang tepat. Langsung saja inilah tipsnya:

Daftar Harga Harddisk Eksternal Terbaru

1. Kapasitas Media Penyimpanan File

Melihat kapasitas penyimpanan itu sangatlah penting, karena ini sangat berpengaruh pada jumlah data yang akan disimpan. Pada umumnya, kapasitas harddisk portable sangat bervariasi. Mulai dari 40 GB dampai dengan 500GB. Namun, kini juga sudah bermunculan harddisk portable yang daya tampungnya mencapai 1TB (terabyte). Biasanya semakin besar kapasitas semakin ekonomis harganya.

2. Kecepatan Putar Drive

Kecepatan putar piringan metal harddisk juga mempengaruhi kecepatan laju data. Semakin cepat daya putarnya, semakin cepat data bisa ditulis dan dibaca. Kecepatan putar ini dinyatakan dalam satuan RPM (rotation per minute). Umumnya harddisk portable berputar pada kecepatan 5400 RPM.

3. Besar Buffer (Cache)

Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache. Cache menyimpan dan menangani permintaan transfer baca atau tulis data dari sistem dengan kisaran 2MB sampai dengan 16MB. Semakin besar cache semakin besar ‘ruang antrian’ pembacaan dan penulisan di harddisk serta semakin cepat pula data diproses. Semakin besar cache memori akan semakin mahal harga harddisk portable tersebut.

4. Fitur Recovery

fitur recovery ini berguna di saat file-file Anda mengalami kerusakan atau korupsi data ataupun akibat serangan virus. Sehingga, fitur sangatlah penting keberadaannya.

5. Kemampuan Plug and Play

Kemampuan Plug and Play dapat anda lihat anda menancapkan kabel USB, harddisk portable langsung bisa dipakai tanpa perlu instalasi driver atau software apa pun. Kemampuan ini sangat membantu jika Anda menggunakan satu atau lebih harddisk portable di beberapa PC sekaligus.

6. Garansi Produk

Pada umumnya harddisk eksternal memilki garansi 1 tahun, namun juga ada yang lebih singkat. Tergantung pada merk produk dan produsennya.

7. Dustproof, Waterproof & Shockproof

Harddisk dirancang untuk menerima getaran hingga kurang lebih 3x kecepatan gravitasi bumi dalam kondisi diam. Namun beberapa vendor menjamin harddisknya bisa tahan hingga 5x kecepatan gravitasi bumi. Faktor ini harus anda pertimbangkan, mengingat terkadang kita sering ceroboh dan menjatuhkan harddisk.

Demikian ulasan dari kami tentang tips memilih harddisk external / portable yang dapat kami sampaikan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik