Tips Memilih Printer Dari Jenis dan Kebutuhan

Pada tahun 1950 lalu seorang berkebangsaan Jerman bernama Johannes Gutenberg menemukan sebuah mesin cetak yang pertama kali digunakan di Eropa. Jonanners ini adalah seorang tukang emas dan pengusaha yang mampu mengembangkan teknologi mesin cetak revolusioner. Di zaman itu mesin cetak adalah penemuan yang sangat dibutuhkan dan penting, walaupun mesin ini tidak besar namun dengan berkembangnya waktu teknologi printer memiliki perkembangan yang sangat pesat sesuai kebutuhan dari jaman ke jaman. Berikut adalah ulasan tentangĀ Tips Memilih Printer Dari Jenis dan Kebutuhan.

Tips Memilih Printer Dari Jenis dan Kebutuhan

Model dan merk printer sudah banyak ditemukan di toko elektronik. Saat ini yang menjadi printer paling bagus dan ternama dimiliki oleh Epson. Dan untuk printer dengan harga murah dikuasai oleh Canon. Dari level midle terdapat Hp yang memiliki cara-cara baru untuk konsumen. Memilih dan membeli printer pun tidak bisa sembarangan, beberapa tips dari kami ini mungkin berguna untuk anda yang ingin membeli printer yang yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut tips memilih printer yang tepat.

Untuk memilih printer yang bagus dengan kualitas dan ketahanan yang baik adalah hal yang tidak gampang, memang banyak sekali printer yang ditawarkan oleh beberapa vendor yang memiliki kualitas cetak bagus, fitur banyak dan juga harga terjangkau, namun setelah dibeli dan dipakai selama 1 bulan barang tersebut sudah rusak. Nah, karena hal itulah ada beberapa tips yang harus diketahui ketika akan membeli printer. Di pasar Indonesia terdapat merk-merk printer yang bisa anda jumpai, seperti Canon, HP, Epson dan pendatang baru di pasar indonesia adalah Fuji Xerok.

Printer Infus

Printer yang ada di pasaran kebanyakan sudah melalui modifikasi dari individu ataupun dari pabriknya, contohnya saja Epson yang memiliki tinta infus di printernya. Dan Epson versi ini hanya ada di Indonesia. Selain itu ada juga infus priter yang dibuat sendiri oleh individu saat perangkatnya sudah dibeli. Jika ada yang seperti ini berarti ketika dia membeli printer susah ditawari oleh pedanganya printernya dibuatkan infus atau tidak. Dan memilih printer infus ini cocok untuk para pekerja kantoran atau pebisnis. Printer infus memiliki banyak sekali keuntugan jika penggunaannya sangat banyak dan berat. Namun jika printer digunakan untuk rumahan yang hanya dipakai sekali saja maka tinta akan cepat mengering dan berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa dipertimbankan ketika memakai infusĀ printer :

  • Tinta yang digunakan tidak cepat habis, karena botol-botol penyimpanan tinta cukup banyak jika dibandingkan dengan ukuran normal.
  • Cartridge yang terdapat pada printer akan lebih awet karena adanya infus yang bisa mempermudah ketika mengisi tinta tanpa perlu mencabut ataupun memasang cartdrige terlebih dahulu.
  • Pengguna tidak akan kebingungan akan tinta yang habis ditengah aktvitas pritner. Pada printer dengan infus ini akan terlihat sisa tinta jika sudah habis dan bisa secara langsung melakukan pengisian.

Printer infus ini banyak sekali berdar dipasaran, dengan harga sekitar Rp. 1.500.000 sampai Rp. 3000.000 saja.

Printer untuk kebutuhan kantor

Kebanyakan printer hanya digunakan untuk kebutuhan kantor, bisnis dan rumahan dengan mencetak dokumen pada skala kecil. dan tips untuk memilih printer yang dengan kebutuhan tesebut disarankan untuk memakai printer suntik atau injeksi. Kelebihan dari printer suntik atau injeksi sangat banyak, diantaranya adalah :

  • Harga yang lebih ekonomis.
  • Harganya pun sangat murah, di bawah satu jutaan.
  • Kecepatan printer jenis ini sangat tinggi dan pastinya akan meringankan pekerjaan anda.
  • Printer jenis ini pun bisa melakukan pencetakan secara langsung dari kamera digital atau media card, tergantung dari type printernya.
  • Untuk cetak foto, printer suntik ini mempunyai kualitas mencetak foto yang tinggi apalagi jika menggunakan kertas foto khusus pasti hasilnya akan sangat memuaskan.

Printer HPAdvance ink

Dan, masih ada lagi tips memilih printer selain dua tips di atas, yakni menggunakan printer HPAdvance ink. Printer ini tidak mempunyai tinta suntik atau infus. Printer HP ini hanya bisa mencetak satu rim kertas hanya dengan 1 warna, hitam. Printer HP ini mempunyai kelebihan, diantaranya adalah :

  • Printer ini lebih aman karena tinta yang digunakan original, printer HP ini adalah printer langsung dari cardridge yang tidak perlu adanya bantuan suntik ataupun infus untuk mengisi tinta.
  • Selain hemat tinta harga cardridge nya tergolong murah. Cartridge hitam dan warna dijual dnegan harga Rp. 90.000 saja.
  • Dengan menggunakan printer ini bisa mencetak kerta dengan format lebar. Biasanya printer ini digunakan untuk sebuah iklan atau pemesanan marketing.

Nah, itulah beberapa tips memilih printer yang banyak dibutuhkan oleh banyak orang. Sekian artikel dari kami. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. dan selamat memilih printer yang memang terlihat cocok untuk anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Hardware, Tips dan Trik