Tips Memotret Dalam Kondisi Cahaya Gelap

Bangbiw.com – Dalam kondisi cahaya yang gelap, tentunya sedikit sulit untuk menghasilkan foto yang berkualitas dan cukup jelas. Namun, untuk menghasilkan gambar yang maksimal diperlukan setting atau pengaturan yang tepat. Jenis kamera apapun yang digunakan tentunya memerlukan teknik khusus agar gambar yang dihasilkan cukup memuaskan.

Berikut adalah tips memotret dalam kondisi cahaya yang gelap seperti dalam ruangan atau saat malam hari.

Perhatikan arah cahaya

Untuk mengambil gambar dalam cahaya yang gelap tentu harus diperhatikan arah datang dan jatuhnya cahaya ke subjek. Usahakan agar cahaya yang didapatkan cukup merata ke subjek tersebut untuk mendapatkan gambar yang cukup baik.

memotret dalam gelap

Tunggu momen

Tunggulah saat yang tepat untuk memotret. Hal ini berlaku jika subjek sedikit sulit diatur atau bergerak cepat sehingga anda hanya punya waktu 1-2 detik utuk mengabadikan gambar.

Mantapkan genggaman

Saat memotret dalam kondisi cahaya yang gelap, pegang kamera dengan baik demi mencegah shake saat tombol shutter ditekan dan menyebabkan gambar menjadi blur. Cobalah untuk memantapkan posisi tubuh agar kamera tidak bergetar saat mengabadikan gambar.

Continuous shot

Untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik dengan hasil yang cukup tajam, jangan ragu untuk memotret secara berkali-kali. Anda pun bisa menggunakan fitur continuous shot untuk menentukan berapa gambar yang ingin anda ambil. Setelah itu, pilihlah foto terbaik yang ingin anda simpan.

Gunakan tripod

Tripod sangat ideal untuk subjek yang bergerak pada malam hari seperti pemandangan alam, kota, langit atau di dalam ruangan. Anda pun tak perlu kuatir foto menjadi blur akibat shutter speed yang lambat atau kamera yang sedikit bergoyang. Hal ini tentu lebih baik ketimbang terus menggenggam kamera saat memotret.

tips memotret dalam gelap

Gunakan flash

Flash atau lampu kilat sangat efektif untuk menerangi subjek dalam kondisi gelap. Namun, basanya gambar yang dihasilkan sedikit keras dan menghilangkan dimensi subjek. Cara terbaik adalah dengan menggunakan flash external yang ditempatkan agak jauh dari subjek untuk menghasilkan cahaya yang lembut dan merata serta membuatnya terlihat lebih nyata dan alami.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Kamera, Tips dan Trik