Tips Memotret Panorama Alam

Bangbiw.com – Panorama alam adalah salah satu objek bidikan kamera yang sangat digemari oleh pecinta fotografi baik yang sudah profesional maupun pemula. Hal ini tidak terlepas dari bagusnya pemandangan dan kondisi alam yang bisa di ambil sehingga sangat memanjakan mata bagi para pemburu dan penikmat foto panorama alam. Namun walau memiliki hasil yang sangat memuaskan, memotret panorama alam bukanlah pekerjaan yang mudah.

nature fotografi

Di antara objek foto lainnya membidik foto panorama alam ini adalah salah satu yang tersulit karena kita harus “memahami” dan mengetahui kondisi alam sehingga bisa mendapatkan foto terbaik. Apalagi jika foto panorama alam yang akan kita bidik termasuk dalam medan yang sulit seperti gunung, hutan atau spot indah lainnya yang terdapat di alam liar maka kesulitan yang akan di dapat akan bertambah lagi beratnya.

Agar hasil foto panorama alam bisa sesuai dengan yang diinginkan, berikut kami ulas beberapa tips memotret panorama alam yang baik.

1. Pilih jenis kamera yang cocok

Untuk bisa mendapatkan hasil gambar yang baik maka perlu memiliki jenis kamera yang cocok untuk panorama alam. Tentu kita tidak akan mendapatkan hasil bidikan panorama alam yang maksimal jika kamera yang digunakan adalah jenis kamera yang standar.

Selain memilih kamera, membawa kamera dan alat yang dibutuhkan juga penting, karena salah-salah jika terlalu banyak peralatan yang tidak diperlukan yang dibawa bisa menghambat perjalanan kita.

2. Pilih momen yang tepat

Memilih momen yang tepat untuk membidik adalah salah satu kunci dalam kesuksesan mendapatkan gambar yang bagus. Momen yang tepat bisa berarti beberapa hal seperti turunnya hujan, munculnya pelangi, cuaca yang cerah atau suasana sunset dan sunrise yang menawan.

Tips Memotret Panorama Alam

3. Pilih sudut pandang terbaik

Sudut pandang atau biasa disebut dengan Angle adalah sebuah hal yang sering disepelekan namun memiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap kualitas gambar yang didapatkan. Dalam memilih sudut pandang terkadang orang malas untuk bergerak dalam mencarinya sehingga hanya membidik pada sudut pandang yang biasa saja.
Padahal panorama alam adalah sebuah objek yang sangat luas yang bisa dilihat dari berbagai sudut pengambilan gambar yang pas.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Kamera