Tips Mempercepat Smartphone Android Anda

Seiring dengan semakin populernya pemakaian perangkat Smartphone, sangat mudah bagi kita untuk menemukan gadget terbaru yang memiliki prosesor ultracepat. Namun tidak semua Smartphone dibekali dapur pacu yang luar biasa. Hanya Smartphone dengan bandrol harga fantastis saja yang biasanya punya performa seperti itu. Meskipun ponsel yang anda miliki bukan tergolong berspesifikasi tinggi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performanya.

Tips Mempercepat Smartphone Android Anda

Berikut ini adalah beberapa tips mempercepat Smartphone Android anda. Anda bisa mulai dengan menginstal Launcher dari pihak ketiga. Mungkin anda beranggapan bahwa aplikasi Launcher mengkonsumsi terlalu banyak daya, namun tidak semuanya seperti itu. Beberapa Launcher dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan efisiensi. Selain itu juga ada berbagai macam kustomisasi yang bisa dilakukan, hanya saja anda mungkin harus membatasi diri karena kustomisasi yang berlebihan justru bisa memperlambat kinerja Smartphone.

Diantara sekian banyak Launcher, yang kami rekomendasikan antara lain ‘Go Launcher Ex’ dan ‘Nova Launcher’. Tips mempercepat Smartphone Android berikutnya adalah batasi jumlah aplikasi tidak aktif di dalam Smartphone. Beberapa orang suka menginstal aplikasi apa saja yang mereka temukan di Google Play Store hanya karena merasa keren jika handphonenya punya banyak aplikasi. Padahal semakin banyak aplikasi terinstal, terutama yang memiliki proses berjalan di background, semakin cepat pula baterai terkuras.

Oleh sebab itu, instal hanya aplikasi yang rutin anda pergunakan daripada memasang berbagai macam aplikasi yang sama sekali tidak anda butuhkan. Kemudian widget dan wallpaper juga perlu dibatasi. Live wallpaper diketahui bisa mempercepat habisnya baterai Smartphone. Oleh sebab itu, hindari memakainya jika ingin baterai perangkat awet. Kemudian cek aplikasi yang melakukan sinkronisasi secara berkala.

Jika anda tidak terlalu membutuhkannya, coba disable saja. Masuk ke menu aplikasi kemudian cari aplikasi yang ingin anda matikan sinkronisasinya. Disana akan ada pilihan untuk menonaktifkan proses tersebut. Kemudian, install aplikasi pembersih. Ada banyak sekali macamnya. Seiring waktu, cache aplikasi akan menumpuk terus dan bisa menguras memori. Jika itu tidak dibersihkan secara rutin, maka itu bisa memperlambat smartphone anda. Ada banyak sekali macamnya, silakan kunjungi Google Play Store untuk menemukan aplikasi yang dimaksud.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+