Tips Mengamankan Akun-akun Online Anda

Kita tidak pernah tahu kapan orang berniat jahat pada kita. Saat kita terhubung dengan internet, maka saat itu pula komputer akan terekspos di dunia maya. Hacker yang ilmunya sudah tinggi bisa saja memata-matai tanpa kita sadari. Yang lebih berbahaya adalah saat mereka mencoba mengambil alih data pribadi yang tersimpan di dalam komputer. Sudah banyak kejadian dimana akun seseorang dijebol secara paksa oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Ini tidak terbatas pada hanya akun email saja, tapi akun online lain seperti Facebook, Twitter, dll.

Tips Mengamankan Akun-akun Online Anda

Berikut ini adalah beberapa langkah preventif yang bisa anda lakukan untuk menghindari resiko pencurian akun. Yang pertama adalah login dari komputer pribadi. Jauh lebih aman untuk login dan melakukan aktivitas dari perangkat pribadi. Baik komputer, tablet, atau smartphone, asalkan anda memiliki akses penuh terhadap perangkat-perangkat tersebut, ini akan bisa memberikan keamanan lebih. Banyak yang akunnya dicuri karena login di jaringan internet publik, seperti warnet. Jika sudah begitu, yang salah bukan siapa-siapa, melainkan keteledoran anda.

Kemudian, hindari membuat info login yang sama untuk semua akun. Jika anda adalah pemakai media sosial yang aktif, kami yakin anda memiliki beberapa akun online. Namun hindari memilih username dan password yang sama untuk semua akun. Memang bisa dimaklumi jika orang enggan membuat info login berbeda karena takut lupa atau malas menghafal. Tapi jika ini adalah demi kebaikan sendiri, membuat info login berbeda untuk setiap akun seharusnya tidak memberatkan. Kemudian untuk password, hindari memilih kombinasi huruf dan angka yang orang mudah terka, seperti misalnya tanggal lahir atau nomor telepon.

Pilih password yang sekiranya hanya anda sendiri yang tahu. Kemudian jika ada opsi untuk menambahkan sistem keamanan berlapis, aktifkan saja. Beberapa layanan telah menerapkan sistem ini untuk aktivitas login di akun-akun para membernya. Jika ada seseorang yang ingin mengakses akun lewat komputer baru, maka perintah untuk otentifikasi pengguna akan muncul.

Proses otentifikasi biasanya melalui SMS. Jadi ada kode unik yang akan dikirimkan ke nomor ponsel anda untuk melakukan login ke dalam akun. Pada beberapa service, meskipun opsi ini ada, namun biasanya dalam kondisi disable. Anda hanya bisa memakainya setelah mengaktifkannya secara manual. Silakan coba saja demi keamanan akun online anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik