Tips Mengatasi Aplikasi yang Memakan Banyak Memori

Memang paling menyebalkan jika kita sering mendapatkan notifikasi bahwa memori sudah hampir penuh karena ada banyak aplikasi berjalan secara bersamaan. Kondisi ini sering dialami oleh mereka yang punya Smartphone dengan kapasitas RAM terbatas. Tidak semua orang punya kesempatan memiliki Smartphone dengan RAM yang luas. Berikut ini adalah tips mengatasi aplikasi yang memakan banyak memori:

tips mengatasi aplikasi yang memakan banyak memori

  1. Pertama, coba jalankan Android 6.0 Marshmallow. Ini adalah versi terbaru dari Android. Kita disarankan untuk terus melakukan update sistem sebab versi-versi terbaru Android biasanya hadir dengan banyak kelebihan. Namun jika Smartphone anda tidak mendukung seri terakhir, jangan paksakan.
  2. Tanda yang paling umum saat Smartphone mulai kehabisan memori adalah menjalankan task terasa lebih lambat. Membuka aplikasi juga membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya. Nah, jika ini yang terjadi pada anda, sudah saatnya anda mencari tahu apa pemicu dari masalah tersebut. Silakan masuk ke menu Settings, lalu cari opsi Device. Sentuh tulisan Memory yang muncul disana. Nanti akan ketahuan berapa memori yang Smartphone anda miliki dan sudah berapa banyak yang terpakai. Tampilan default-nya adalah 3 jam, tapi anda bisa melakukan pengaturan lain dengan membuka menu dropdown. Anda bisa mengaturnya hingga 6 jam terakhir. Jika setelah menginstal aplikasi anda mendapati ada perlambatan pada perangkat secara signifikan, coba cek statusnya pada menu Memory dan cari tahu apakah aplikasi tersebut memakai banyak RAM.
  3. Jika masih bisa disingkirkan alias tidak terlalu penting, sebaiknya anda uninstall saja supaya tidak mengorbankan aplikasi penting lainnya. Setiap aplikasi yang terlihat pada menu ini punya detilnya tersendiri. Anda bisa menyentuh tiap aplikasi untuk mengetahui informasi terkait jumlah memori yang dipakai pada sistem. Namun anda perlu berhati-hati untuk tidak mengutak-atik aplikasi penting seperti Android System, Google Play Services, Android OS, Google App, System UI, dll sebab mereka ada di dalam sistem secara default. Bukan aplikasi tersebut yang harus anda hentikan, melainkan aplikasi-aplikasi tambahan yang anda install dari Google Play Store.
  4. Bagian yang harus diperhatikan adalah pemakaian RAM. Ada jenis aplikasi yang tetap berjalan di background meskipun anda sedang tidak membukanya. Jenis aplikasi seperti ini yang biasanya mengkonsumsi banyak memori. Silakan uninstall saja aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

Itu tadi tips mengatasi aplikasi yang memakan banyak memori.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tutorial