Tips Mengatasi Kerusakan Keyboard

Seperti bagian yang lain, keyboard laptop juga mungkin terjadi kerusakan karena terkunci, salah satu atau beberapa tombol rusak atau penyebab yang lainnya. Karena keyboard laptop adalah bagian yang paling sering digunakan, maka wajar saja bila suatu ketika mengalami kerusakan. Pastinya anda akan kelabakan bila keyboard rusak karena pekerjaan jadi terhambat. Lantas, bagaimana cara menangani keyboard laptop yang rusak?

Cara Merawat dan Membersihkan Keyboard Laptop

Bila suatu saat salah satu tombol keyboard anda terkunci pasti akan muncul bunyi “tiiiiiiiit” panjang sebagai signal kerusakan. Tunggu proses booting karena biasanya bunyi itu akan hilang setelah masuk ke system operasi. Beda lagi kalau tiba-tiba salah satu tombol keyboard terkunci. Mungkin masalahnya terletak pada banyaknya debu yang menempel, kotoran yang tersangkut atau tombol tidak dapat kembali otomatis. Nah, cobalah untuk sedikit memiringkan laptop untuk membersihkan dengan benda kecil tajam. Bisa juga dengan mencongkel pelan agar bisa kebali ke posisi semula.

Bila masalah keyboard sudah parah, seperti beberapa tombol mati, maka tidak ada cara lain selain mengganti dengan keyboard yang baru. Biaya mengganti keyboard yang baru tentu lebih mahal karena prosesnyapun lebih sulit atau tidak semudah mengganti keyboard pada PC biasa yang tinggal memasang kabel saja. Agar tidak rusak, sebaiknya anda berhati-hati dalam menjaganya.

Agar tidak mudah rusak sebaiknya keyboard pada laptop anda dilapisi pelindung dari plastic. Biasanya warnanya putih buram. Ada dua macam plastic pelindung yaitu yang datar saja dan membentuk tombol. Harga plastic cukup bervariasi namun masih terjangkau dibandingkan biaya untuk mengganti keyboard yang baru. Selain dilapisi pelindung, anda juga disarankan untuk selalu membersihkannya dengan kuas lembut. Bila sedang tidak dipakai sebaiknya laptop ditutup agar tidka banyak kotora yang masuk.

Bila suatu ketika keyboard laptop ketumpahan cairan, sebaiknya segera ambil langkah penanganan cepat; pertama matikan laptop bila masih dalam keadaan hidup. Kedua, posisikan laptop terbalik agar cairan tidak merembes ke dalam. Ketiga, keringkan dengan hairdryer. Keempat, bila ternyata cairan masuk ke dalam mainboard segera lepas keyboard dan keringkan mainboaord di dalamnya. Simak juga Cara Merawat dan Membersihkan Keyboard Laptop.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik