Tips Mengatasi Masalah Pairing pada Bluetooth

Bluetooth adalah salah satu metode transfer data paling populer. Hampir semua Smartphone iOS dan Android saat ini sudah mendukung fitur ini sebab akan lebih mudah untuk melakukan pengiriman data antar dua Smartphone jika ada Bluetooth di dalamnya. Namun masalahnya tidak semua proses pairing berjalan mulus. Terkadang kita harus terkendala masalah koneksi sebab 2 perangkat tidak bisa saling terhubung. Kali ini kami ingin berbagi informasi dan tips mengatasi masalah pairing pada Bluetooth.

Tips Mengatasi Masalah Pairing pada Bluetooth

  • Tips pertama, anda harus tahu proses pairing seperti apa yang perangkat sedang jalankan. Ada beberapa macam, misalnya yang memasukkan kode khusus. Atau anda mungkin saja perlu melakukan pengaturan pada perangkat yang ingin dikoneksikan. Ini umumnya diperlukan untuk perangkat yang bukan Smartphone, seperti misalnya Smartwatch atau speaker Bluetooh. Jadi pada dasarnya setiap jenis perangkat melakukan proses pairing yang berbeda. Pastikan anda sudah tahu seperti apa proses pairing yang dibutuhkan oleh perangkat yang ingin anda pergunakan.
  • Pastikan Bluetooth berfungsi pada kedua perangkat yang ingin dihubungkan. Jika yang ingin dihubungkan adalah Smartphone, anda bisa melihatnya pada indikator berupa ikon Bluetooth yang muncul pada layar. Anda bisa memakai jalan pintas untuk mengaktifkannya atau langsung ke menu Settings.
  • Pastikan Smartphone atau perangkat tersebut aktif mode sharing-nya. Jika tidak aktif, maka perangkat lain tidak akan bisa mendeteksi perangkat tersebut. Coba periksa lagi bagian Pengaturan, dan buat perangkat tersebut visible atau terlihat oleh perangkat lain. Nah, sekarang coba lagi koneksikan. Jika memang ini masalahnya, seharusnya perangkat tersebut kini sudah bisa dihubungkan dengan gadget lainnya.
  • Anda juga bisa mencoba opsi alternatif dengan merestart Smartphone. Ini terkadang bisa menjadi solusi mudah untuk mengembalikan koneksi Bluetooth yang bermasalah. Jika anda sangat intens memakai Bluetooth, bisa saja terjadi macet pada jaringan, sehingga diperlukan restart untuk mengembalikannya seperti semula.
  • Alternatif lain adalah dengan menghapus perangkat yang terdeteksi, kemudian tambahkan ulang. Misalnya ada tablet yang sebelumnya sudah berhasil di-pairing dengan Smartphone anda. Namun setelah beberapa kali dipergunakan, keduanya tidak konek lagi. Coba hapus tablet tersebut dari daftar pairing, lalu coba untuk men-searching nya kembali dan tambahkan. Ini mungkin bisa menyelesaikan masalah pairing pada kedua perangkat.

Sekian tips mengatasi masalah pairing pada Bluetooth.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+