Tips Mengatasi Penipuan di Jejaring Sosial dan Modus Penipuan

Jejaring sosial memang sangat membantu untuk komunikasi kepada saudara atau teman kita yang berada jauh, tapi bagaimana jika jejaring sosial dimanfaatkan oleh seorang penipu? Baru saja saya melihat berita tentang kasus penipuan di jejaring sosial, biasanya korbannya adalah wanita, entah itu korban pemerko*saan, pemerasan, penipuan dan lain sebagainya.

Tapi juga tidak dipungkiri wanita juga melakukan penipuan, biasanya lelaki yang menjadi korban diperas uangnya. Sistem penipuan ini seperti jual beli barang, klik, deal, ketemuaan. Nah bagaimana cara mengatasi penipuan di jejaring sosial? berikut adalah Tips Mengatasi Penipuan di Jejaring Sosial, Curigai Modus Penipuan.

penipu-online
sumber gambar google image

Blokir Akunnya!

Yap, blokir. Jika ada seseorang yang mengirim pesan ke anda menggunakan kata-kata senonoh sehingga membuat anda merasa tidak nyaman, sebaiknya blokir akun sosial nya. Mengatasi lebih baik dari pada mengobati bukan?

Minta Uang

Seandainya anda sudah memiliki suatu teman yang akrab di dunia maya jangan mudah percaya akan kata-katanya. Beberapa penipu memeras anda dengan meminta pengiriman sejumlah uang dengan berbagai alasan, entah itu untuk biaya berobat, sekolah dan biaya sejumlah uang besar lainnya, sebagai contoh “tolong aku dong, aku butuh biaya rumah sakit adikku 500rb, tolong kirim ke nomor rekening ini yah”. Sebaiknya anda menolak mengirimkan sejumlah uang kepada orang yang anda kenal di dunia maya.

Jangan Mudah Percaya

Jangan mudah percaya kepada orang yang baru saja dikenal, apalagi di dunia maya. Di dunia nyata saja orang yang sekalipun kita percaya bisa membohongi kita, apalagi orang yang berada di dunia maya.

Mengobral Perhatian dan Janji Manis

Berhati-hatilah dengan seseorang yang mengajak anda ketemuaan dengan mengiming-imingkan sesuatu untuk menghasut anda. Janji manis untuk menjadi pasangan sehidup semati, jika anda ingin ketemuaan dengan seseorang yang dikenal di jejaring sosial sebaiknya anda mengajak teman anda, dan memberitahukan orang tua anda bahwa anda akan pergi ke suatu tempat. Hal ini dilakukan untuk mengantipasi jika terjadi penculikan.

Nah baru saja anda membaca beberapa Tips Mengatasi Penipuan di Jejaring Sosial, Curigai Modus Penipuan. Semoga kini anda lebih berhati-hati kepada penipu online tersebut.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Sosial Media, Tips dan Trik