Tips Mengatasi Ponsel Android yang Lambat

Apa kabar ? semoga baik-baik saja ya.  Alhamdulillah rasanya senang sekali kami dapat hadir kembali dihadapan Anda dengan menghadirkan ulasan tips yang semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tips mengatasi ponsel Android yang Lambat.

Proses menjalankan aplikasi yang begitu lambat pastinya akan membuat user jengkel, bisa jadi karena spesifikasi android yang rendah atau karena android anda sama sekali tidak pernah maintenance. Banyak orang yang ingin mengatasi hal tersebut, seperti membawa ke counter handphone untuk konsultasi masalah android anda, atau mencari tips yang bertebaran di internet. Penasaran bagaimana caranya. Yuks kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Mengatasi Ponsel Android yang Lambat

Langkah-langkah untuk menerapkan tips mengatasi ponsel android yang lambat yaitu dengan cara sebagai berikut:

1. Bersihkan Cache

Jika terlalu banyak cache yang tersimpan pada memori internal akan mengakibatkan kinerja pada ponsel lambat. Agar ponsel kembali normal salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan semua cachenya. Untuk menghapus semua cache pada memori internal, anda dapat menggunakan aplikasi History Eraser. Langkah-langkah untuk menghapus cache dari memori internal secara otomatis cukup mudah yaitu anda tinggal membuka aplikasi dan pilihlah menu clean selected.

2. Usahakan tidak menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan

Fitur multitasking yang terdapat pada ponsel Android memiliki kemampuan dapat menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan, akan tetapi hal ini dapat menjadikan ponsel android menjadi lambat. Dalam waktu bersamaan, sebaiknya anda menjalankan maksimal hanya 3 aplikasi.

3. Semua file sebaiknya anda simpan pada memori eksternal

Memori internal memiliki sedikit ruang untuk penyimpanan, maka sebaiknya jangan menyimpan terlalu banyak file pada memori internal karena akan menjadikan ponsel menjadi lambat. File seperti musik, video ataupun gambar usahakan anda simpan ke dalam memori eksrternal.

4. Lebih baik tidak menggunakan live wallpaper

Mungkin belum banyak yang mengetahui bila mengaktifkan Live Wallpaper maka kinerja ponsel akan menjadi lambat. Berkurangnya jumlah penyimpanan pada memori internal ponsel disebabkan karena Live Wallpaper sedang aktif. Oleh sebab itu Live Wallpaper sebaiknya jangan diaktifkan.

5. Sebaiknya pesan terkirim atau masuk jangan menumpuk

Sebagian dari anda mungkin belum banyak yang mengetahui bila pesan masuk atau terkirim yang menumpuk juga dapat mempengaruhi kinerja dari ponsel, karena semua pesan terkirim atau masuk tersimpan ke dalam memori internal. Bila anda tidak menginginkan ponsel Android anda lambat, sebaiknya jangan biarkan pesan terkirim atau masuk menumpuk dalam memori internal.

Demikian ulasan dari kami tentang Tips Mengatasi Ponsel Android yang Lambat. Semoga langkah-langkah tersebut bermanfaat bagi Anda sekalian yang sedang kesulitan mengatasi ponsel lambatnya. Sekian terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, , Gadget, Tips dan Trik