Tips Mengatasi Ponsel Android yang Tidak Mau Hidup

Bangbiw.com – Banyaknya pengguna Android di dunia salah satunya alasannya karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan didalamnya. Salah satunya adalah sedikitnya tombol yang terdapat pada ponsel ini. Diantara tombol-tombol tersebut, Anda akan menemukan tombol fisik yang memiliki fungsi menyalakan dan mematikan ponsel. Namun jika tombol tersebut tidak bekerja, Anda jangan panik karena kemungkinan ponsel Anda tidak dapat merespon dengan baik.

Saat tombol power Anda tidak merespon dengan baik, belum tentu ponsel Anda rusak. Ada beberapa gangguan yang dapat membuat ponsel Anda tidak mau menyala. Beberapa tips mengatasi ponsel Android yang tidak mau hidup dibawah ini bisa Anda lakukan saat mengalami kejadian tersebut.

ponsel android mati

Charger Baterai

Jika ponsel Android Anda tidak mau menyala, banyak kasus terdapat pada daya baterai yang telah kehabisan tenaga. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengisi ulang baterai dan meninggalkan beberapa saat sampai mencobanya untuk menghidupkan kembali.

Cabut Baterai

Masalah tombol power yang tidak bekerja bisa juga diselesaikan dengan mencabut baterai. Setelah Anda mencabut baterai, tunggulah beberapa saat untuk menghidupkannya kembali dengan menekan tombol power. Untuk ponsel Android yang memiliki baterai terpisah dari perangkat memang mudah melakukan hal ini, namun jika Anda memiliki baterai non removable atau menyatu dengan bodi tidak perlu khawatir, Anda bisa menekan dan tahan tombol power sekitar 10 detik dan diharapkan setelahnya ponsel Anda akan melakukan proses reboot.

Factory Reset

Jika ponsel Anda bisa hidup namun memiliki beberapa problem seperti perangkat lunak yang tidak bergerak, sering restart dan proses booting yang gagal, kemungkinan kerusakan terdapat pada software perangkat Android Anda. Di dalam kasus ini, menekan lama tombol power atau isi ulang tidak akan membantu. Untuk itu, Anda harus melakukan factory reset.

Metode ini dapat memperbaiki masalah respon pada ponsel Android anda. Sebagai catatan, metode ini akan menghapus data yang ada pada ponsel Anda dan membuat ponsel Anda akan kembali pada pengaturan awal. Untuk menjalankannya, Anda bisa mengakses recovery mode.

facory data reset

Saat ponsel dalam keadaan mati, Anda bisa menekan tombol power + volume up + volume down atau tekan tombol volume up + power + dan home sesuai model dan merk perangkat Anda. Setelah itu, Anda bisa menggunakan tombol volume untuk memilih pilihan wipe data atau factory reset dan menekan power untuk memilih yes.

Jika berbagai tips mengatasi ponsel android yang mati di atas tidak mampu membuat ponsel Android Anda menyala dengan normal kembali, kemungkinan ponsel Anda memang mengalami kerusakan yang hanya bisa diperbaiki melalui service center resmi atau toko yang bisa Anda percaya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget, Tips dan Trik, Tutorial