Tips Mengatur Lampu Blitz pada Kamera dengan Benar

Bangbiw.com – Agar objek foto terlihat lebih terang, lampu kilat atau biasa disebut blitz atau flash digunakan untuk menjadi sumber cahaya, terlebih dalam kondisi yang cukup gelap. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan pun cukup berbeda dan terlihat lebih baik.

Untuk kamera profesional biasanya terdapat dua jenis lampu blitz, yaitu built-in atau menjadi satu dengan kamera dan flash terpisah atau yang biasa disebut flash external atau speedlight. Agar gambar yang dihasilkan tidak terlalu kelebihan atau kekurangan cahaya, tentunya kita harus bisa mengatur kekuatan flash dari yang terbesar hingga terkecil.

mengatur blitz

Berikut adalah cara mengatur lampu blitz pada kamera dengan benar.

Gunakan Fill-in flash

Fill-in flash biasanya digunakan untuk mecnyeimbangkan kontras di siang hari. Hal ini diperlukan jika objek yang difoto lebih gelap dari latarnya atau objek berada di bawah bayang-bayang yang cukup gelap. Sinar dari lampu blitz akan menerangi area yang gelap sehingga gambar yang dihasilkan cukup terang secara keseluruhan. Jika ingin memotret objek dengan latar langit biru, turunkan Ev ke arah minus hingga objek terlihat lebih gelap. Gunakan fill-in flash dan sesuaikan jarak si objek dalam jangkauan lampu kilat.

Gunakan mode slow-sync flash

Lampu blitz tentu sangat penting jika ingin memotret pada kondsi gelap di malam hari. Namun, terkadang gambar yang dihasilkan hanya memberikan penerangan di objek yang dekat sedangkan latar belakangnya cenderung gelap. Karena itu, sebaiknya gunakan mode slow-sync flash yang terdapat pada kamera anda. Fitur ini menggabungkan lampu blitz dengan speed rendah seingga kamera punya waktu yang cukup untuk menangkap cahaya disekitarnya.

Teknik bouncing

Bouncing adalah menembakkan lampu kilat eksternal ke langit-langit, terutama yang berwarna putih dan ketinggian yang cukup, sehingga pantulannya dapat menerangi objek dari atas. Hal ini akan membuat cahaya yang mengenai objek cukup merata dan tdak terlalu keras.

tips mengatur blitz

Teknik strobist

Strobist adalah memisahkan lampu blitz dari bodi sehingga menghasilkan foto dengan arah datang cahaya yang berbeda dari biasanya. Karena itu, diperlukan kamera dan flash yang mendukung wireless mode. Jika kamera tidak mendukung fitur tersebut, anda bisa membeli paket wireless trigger dan receiver secara terpisah.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Kamera, Tips dan Trik