Tips Mengecek Masalah Pada Bandwith Internet Rumah

Jika anda mengalami masalah dengan bandwith internet rumah, ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjalankan aplikasi Wi-Fi Analyzer. Anda bisa saja menghubungi pihak provider tempat anda berlangganan, namun mereka mungkin hanya bersedia membantu hingga ke level tertentu saja, selebihnya anda yang punya tanggung jawab.

Tips Mengecek Masalah Pada Bandwith Internet Rumah

Ada aplikasi yang disebut dengan Manageengine Opmanager. Ini sangat berguna untuk memantau jaringan. Jaringan wi-fi yang anda pasang di rumah mentransmisikan data atau bandwith lewat bantuan sinyal radio. Jadi kondisi ini sangat rentan dengan yang namanya gangguan dari frekuensi lain. Jika anda mengalami masalah saat buffering video atau membuka website yang berat, ada kemungkinan masalahnya terletak disini. Anda bisa memulai dengan memeriksa ke provider.

Bisa saja masalah memang terletak pada koneksi internet itu  sendiri. Anda bisa melakukan pengecekan dengan memutuskan koneksi lalu menyambungkannya kembali. Setelah itu lakukan pengecekan kecepatan internet. Jika masalah ternyata ada pada jaringan instalasi, yaitu dari luar hingga masuk ke rumah, maka itu tugas dari provider anda untuk memperbaikinya.

Berikutnya anda juga bisa melakukan pengecekan dengan mencopot modem atau router dari komputer. Berikutnya matikan komputer anda serta semua perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut. Lakukan reboot pada modem serta router dan tunggu hingga hidup kembali. Mungkin dengan melakukan ini, kecepatan internet anda bisa stabil kembali.

Tips berikutnya untuk mengecek masalah pada bandwith internet rumah adalah dengan mengunduh aplikasi untuk Wifi Analyzer. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa dijalankan, namun jika anda memiliki perangkat Android, maka silakan install Farproc’s Wifi Analyzer. Anda bisa mencarinya di Google Play Store kalau mau.

Wifi memakai gelombang 2.4 Ghz yang punya karakteristik sulit untuk menembus permukaan yang sifatnya solid. Karena itu, Wifi bisa saja mengalami gangguan jika terhalang oleh objek tertentu. Setelah menginstal aplikasi pemantau Wifi tersebut, silakan langsung anda jalankan di dekat jaringan wifi yang anda pasang di rumah. Anda bisa mempelajari grafis yang muncul, terutama berkaitan dengan kekuatan sinyal. Itu tadi tips mengecek masalah pada bandwith internet rumah.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+