Tips Menghasilkan Gambar Berkualitas dengan Kamera Pocket atau Ponsel

Bangbiw.com – Meski penggunaan kamera DSLR atau kamera profesional sering digunakan, namun jika tidak memiliki kamera tersebut bukan berarti kita tidak bisa mengabadikan gambar yang berkualitas. Dengan menggunakan kamera pocket atau kamera ponsel kita juga bisa mencetak foto dengan hasil yang memuaskan.

Namun tentunya dibutuhkan teknik dan tips tertentu untuk memotret suatu objek dengan menggunakan kamera yang sederhana tersebut. Berikut tips menghasilkan gambar berkualitas dengan kamera pocket atau ponsel.

Pahami fitur kamera

Jika menggunakan kamera ponsel, pahami cara kerjanya dengan bereksperimen lebih sering. Gunakan beberapa fitur yang terdapat di dalamnya seperti fokus makro, white balance, lampu flash, continuous shot dan efek gambar sampai anda cukup mahir. Untuk kamera pocket, perhatikan beberapa fiturnya seperti resolusi kamera, optical dan digital zoom, shooting mode, shutter speed dan macro mode.

Perhatikan cahaya

Jangan lupa untuk memperhatikan dari mana arah datangnya cahaya. Baik kamera pocket atau ponsel sama-sama memiliki keterbatasan dalam mengatur kontras tinggi seperti cahaya di siang hari. Karena itu, perhatikanlah waktu pemotretan. Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk memotret gambar. Selain itu, atur komposisi agar cahaya berimbang di tiap bagian dan sudut gambar.

Memotret lebih banyak

Ambilah gambar sebanyak mungkin seperti layaknya fotografer profesional. Variasikan sudut pemotretan, setting maupun komposisi. Setiap gambar yang diambil tentu memiliki tampilan dan gambaran yang berbeda satu sama lain. Buat lebih banyak foto, hapus yang kurang baik dan pilih yang terbaik.

Antisipasi shutter lag

Hal ini berlaku bagi yang akan memotret menggunakan kamera pocket. Biasanya pemotretan dengan kamera saku sering tidak real time karena ada jeda antara waktu pemotretan dan waktu gambar berhasil terekam yang biasa disebut shutter lag. Cara mengatasinya adalah dengan cara memencet tombol shutter satu atau dua detik sebelum merekam momen yang ingin anda abadikan.

tips memotret dengan kamera pocket ponsel

Aplikasi fotografi

Jika menggunakan smartphone, anda bisa menghasilkan foto terbaik dengan aplikasi fotografi yang menyediakan fasilitas editing untuk memperbaiki foto. Anda bisa mengatur gelap atau terangnya gambar. Fitur crop juga bisa digunakan untuk membuang bagian yang sedikit mengganggu. Tambahkan juga efek seperti sephia, black and white dan vintage agar foto menjadi semakin menarik.

Itu tadi beberapa Tips Menghasilkan Gambar Berkualitas dengan Kamera Pocket atau Ponsel, selamat mencoba.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Kamera, Tips dan Trik