Tips Menghubungkan Perangkat Android Dengan TV

Jika anda sangat menyukai user interface Android dan ingin membawa fungsi tersebut ke pesawat televisi anda, ada beberapa solusi untuk ini. Solusi pertama yang bisa anda coba adalah dengan Google TV. Ada sistem operasi Google TV yang memungkinkan kita melakukan ini semua. Fitur khususnya adalah kemampuan untuk menampilkan gambar pada layar berukuran besar. Apakah perangkat ini mahal? Dari segi harga, Google TV memang terbilang lumayan. Selain itu, jumlah aplikasi yang didukung juga cukup terbatas.

Tips Menghubungkan Perangkat Android Dengan TV

Alternatif kedua menghubungkan perangkat Android dengan TV adalah dengan memakai Mini-HDMI. Anda mungkin sudah cukup akrab dengan jenis kabel yang satu ini. Fungsinya adalah untuk menghubungkan Smartphone dengan televisi. Namun begitu, kendala terbesarnya adalah soal resolusi. Jika ini tidak menjadi masalah, maka silakan coba. Opsi berikutnya adalah dengan memakai tablet untuk dihubungkan ke televisi. Jika anda mau berinvestasi sedikit untuk membeli laptop yang menjalankan sistem operasi Android, maka anda bisa mencoba opsi ini.

Ada beberapa produk yang bisa dipertimbangkan, salah satunya adalah HDMI IPTV Player Stick. Spesifikasinya adalah sebagai berikut, prosesor 1 Ghz Cortex A5 ARM, sistem operasi android 4.0 Ice Cream Sandwich, dan RAM 512 MB. Meski terasa kurang, ini adalah pilihan terbaik jika anda ingin berhemat. Perangkat ini bisa menjalankan beragam aplikasi Android.

Tentukan piksel

Yang paling penting dari cara menghubungkan perangkat Android dengan TV adalah resolusi sebab jika tidak sesuai, gambar yang terlihat di layar akan kurang detil. Kebanyakan merk TV sekarang memakai resolusi HD ke atas untuk detail maksimal. Jika memakai perangkat Android dengan resolusi yang kompatibel, maka tampilan aplikasi dan gambar di layar TV juga akan baik.

Kebanyakan setelah kita mencoba menghubungkan Smartphone dengan TV lewat kabel HDMI, tampilan yang muncul persis seperti halaman di Smartphone. Jadi usahakan agar resolusi perangkat kompatibel dengan resolusi TV. Ketersediaan port juga sebaiknya diperiksa. TV umumnya memakai tipe port HDMI full size, sementara Smartphone dan tablet berbasis Android memakai Mini-HDMI. Periksa apakah port dari tablet yang ingin dipakai kompatibel agar tidak terjadi masalah saat mencoba mengkoneksikannya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+