Tips Meningkatkan Pengalaman Memakai Google Drive

Layanan penyimpanan online seperti Google Drive semakin diminati, salah satu kelebihannya adalah karena bisa diakses dari mana saja. Menyimpan file di Local Drive memang mudah, namun anda tidak bisa bebas mengaksesnya dari mana saja. Dengan Google Drive, yang dibutuhkan adalah koneksi internet saja. Anda bisa masuk ke dalam akun serta mengecek file gambar, audio, dan video yang tersimpan di sana.

Tips Meningkatkan Pengalaman Memakai Google Drive

Layanan penyimpanan cloud saat ini semakin populer, terbukti dengan banyaknya layanan-layanan serupa bermunculan. Namun dengan fanbase yang sangat besar, Google Drive masih menjadi yang terpopuler diantara semuanya. Ingin meningkatkan pengalaman memakai Google Drive? Berikut ini adalah beberapa tips penting bagi anda. Google Drive terhubung dengan keyboard dan ada beberapa shortcut atau jalan pintas yang bisa dioperasikan lewat keyboard. Coba tekan shift + ?, nanti akan muncul sederetan shortcut keyboard yang bisa anda pergunakan.

Trik ini bisa dijalankan pada halaman utama Google Drive. Berikutnya anda juga bisa meng-attach file berukuran besar ke email. Kita bisa menempelkan file dengan ukuran sampai 10 GB. File-file tersebut bisa ditampilkan secara langsung oleh sang penerima. Namun ada juga opsi untuk menentukan siapa yang ingin anda biarkan melihat file tersebut. Berikutnya, kita tahu kalau Chrome juga merupakan produk Google. Jadi sangat wajar jika kedua layanan ini terintegrasi. Jika ternyata anda belum mensinkronisasikan kedua layanan dan ingin melakukannya, klik kanan, dari sana anda bisa menentukan apakah ingin menyimpan file yang terdapat pada laman web langsung ke Google Drive anda.

Ini adalah cara mudah untuk menyimpan data pada laman web ke layanan cloud tersebut. Berikutnya ada pula yang disebut dengan Google Takeout, yang mana memungkinkan kita untuk mengunduh begitu banyak file dalam waktu bersamaan. Tentu fitur ini tersedia langsung di dalam Google Drive, namun alternatif lain untuk menjalankan fungsi serupa juga ada, yakni Google Takeout.

Dengan memakai fitur ini, anda bisa mengunduh semua file yang tersimpan di dalam sebuah arsip. Berikutnya jika anda merasakan manfaat besar dari layanan ini, mengapa tidak mensetting-nya default saja? Pertama-tama, klik kanan semua dokumen, berikutnya cari menu Properties, lalu masukkan sebuah folder. Berikutnya pilih folder untuk Google Drive dan klik set save location.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik