Tips Meningkatkan Privasi Online

Internet baru booming dalam beberapa tahun terakhir. Seiring dengan semakin populernya layanan ini, semakin banyak juga orang yang menemukan masalah dengan privasi mereka. Iya, saat terkoneksi dengan internet, kita akan secara otomatis bergabung dengan jaringan informasi yang luas. Apa yang kita kirim dan unduh dengan perangkat komputer bisa menjadi konsumsi orang lain. Hanya butuh koneksi internet bagi seseorang untuk meretas privasi kita.

Tips Meningkatkan Privasi Online

Itulah mengapa privasi online menjadi perhatian utama banyak orang. Saat kita mengakses jejaring sosial, memakai internet banking, dan yang lainnya, akan selalu ada celah bagi peretas untuk menyusupi informasi personal kita jika mereka mau. Secara umum, data yang ditransmisikan lewat internet terdiri atas 2 macam, yakni terenkripsi dan tidak terenkripsi. Tanpa proses enkripsi yang benar, data yang kita kirimkan bisa saja diakses oleh orang lain. Bahkan untuk layanan sekelas Gmail dan Facebook, tidak ada jaminan bahwa informasi yang kita simpan disana selalu aman.

Sudah sering kita mendengar kasus dimana orang kehilangan akun Gmail dan Facebook mereka akibat diretas. Ada beberapa tips meningkatkan privasi online. Anda bisa memulainya dari level paling dasar, yakni Web Browser. Daripada memakai pengaturan default, anda bisa sedikit menenntukan pengaturan privasi dan security. Tergantung dari browser yang anda pergunakan, anda bisa menuju pengaturan preferensi dan pilih untuk tidak menerima cookies dan website yang tidak anda kunjungi.

Web browser Safari secara otomatis memblokir permintaan cookies dari website-website pihak ketiga. Mozilla juga sedang mengupayakan untuk membuat ini sebagai pengaturan default untuk browser. Jika belum aktif, anda bisa mengaktifkannya secara manual. Hal serupa juga berlaku untuk Chrome dan Internet Explorer. Letak pengaturan preferensi tiap browser berbeda-beda, namun menu ini biasanya ada pada setiap browser.

Tips meningkatkan privasi online berikutnya adalah dengan menginstal Adblock. Aplikasi ini semakin populer diantara pengguna Chrome dan Firefox. Fungsinya adalah untuk meniadakan permintaan Javascript serta HTML yang diinginkan. Secara singkat, aplikasi ini berfungsi untuk memblokir iklan yang juga bisa menjadi jalan masuk bagi para peretas. Namun ada pengaturan di dalam aplikasi untuk me-whitelist website yang anda anggap aman.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, , Tips dan Trik