Tips Menyimpan Data Dengan Service Cloud

Mungkin selama ini anda sudah terbiasa dengan penyimpanan di local drive komputer. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi penyimpanan, muncul berbagai alternatif baru untuk menyimpan data. Service Cloud ada banyak, namun yang mencapai popularitas luar biasa hanya beberapa saja. Ada banyak keuntungan dari layanan penyimpanan Cloud.

Tips Menyimpan Data Dengan Service Cloud

Yang pertama, anda bisa menambah kuota sebanyak apapun asalkan bersedia untuk membayar. Anda juga tidak perlu harus repot-repot membawa perangkat laptop kemana-mana sebab layanan ini memungkinkan kita untuk melakukan akses darimana saja dengan mudah. Bukan hanya lewat komputer saja, namun anda juga bisa melakukannya langsung dari Smartphone dan perangkat lain. Jadi dari sisi portabilitas, ini merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa anda pergunakan.

Yang pertama tentu saja, anda harus menentukan layanan yang diiginkan. Ada banyak alternatif, namun Dropbox sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat. Mengelola data dengan Dropbox sangat mudah. Anda hanya perlu berkunjung ke website Dropbox lewat komputer. Ini adalah untuk mengakses file yang tersimpan di komputer serta ponsel anda. Berikutnya anda perlu membuat akun Dropbox. Tenang saja, pendaftarannya gratis dan anda hanya perlu memasukkan detil umum seperti nama dan email.

Berikutnya anda juga diminta untuk menentukan password untuk akun tersebut. Unduh client Dropbox, lalu simpan. Setelah terunduh secara sempurna, berikutnya jalankan aplikasi tersebut di komputer. Setelah terinstal, silakan buka folder Dropbox. Anda bisa membukanya melalui icon yang muncul di layar utama atau desktop. Folder tersebut terlihat seperti folder biasa di Windows. Lewat menu start, anda bisa menelusuri semua dokumen yang ingin diupload. Semua jenis dokumen bisa diunggah, termasuk gambar dan video.

Jika anda ingin mengakses data yang tersimpan di akun Dropbox tersebut, anda hanya perlu menginstal aplikasi Dropbox pada perangkat lain. Misalnya anda ingin bisa mengakses data dari Smartphone pribadi. Yang perlu anda lakukan hanya memasang aplikasi Dropbox pada Smartphone tersebut dan melakukan login sesuai dengan data akun Dropbox yang dibuat sebelumnya. Jika fitur sinkronisasi aktif, maka setiap perubahan pada file akan terintegrasi dengan semua perangkat yang memasang service tersebut. Itu tadi tips menyimpan data dengan service Cloud.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+