Tips Merawat dan Membersihkan Kamera DSLR

Bangbiw.com – Jika kita memiliki kamera profesional atau DSLR, tentu dibutuhkan perawatan ekstra dan perhatian khusus dalam membersihkannya. Hal ini bukan bertujuan untuk fisik semata namun juga menjaga kompartmen atau bagian-bagian dalam kamera yang cukup sensitif demi menjaga kinerjanya agar tetap optimal saat digunakan.

Karena itu, bagi yang masih awam dalam merawat dan membersihkan kamera DSLR, beragam tips  merawat dan membersihkan kamera DSLR berikut.

1. Jauhkan kamera dari tempat yang lembab atau basah karena kelembaban dalam bagian internal kamera bisa membuat kompartmenya rusak. Hal ini tidak berlaku jika kamera anda dinyatakan water proof atau water sealed meskipun bukan berarti anda bisa memasukkannya ke dalam air.

Tips merawat dan membersihkan kamera DSLR

2. Simpan kamera di tas khusus untuk kamera profesional jika dibawa berpergian. Hal ini sangat penting karena tas kamera sudah dikhususkan untuk menjaga kamera dan beberapa partnya yang terpisah sehingga meminimalkan kemungkina tergores atau lecet jika dimasukkan ke dalam tas biasa.

3. Jagalah kebersihan lensa. Saat membersihkannya, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih kamera, semprotkan ke microfiber baru kemudian usapkan ke lensa. Jika debu sulit dihilangkan, gunakan cotton bud yang sudah disemprot cairan pembersih. Selain itu, jangan langsung menyentuh kamera dengan jari.

4. Saat mengeluarkan batere, memory card atau saat dicolokkan ke komputer, jangan lupa mematikan kamera agar tidak terjadi perubahan arus listrik secara mendadak di dalam kamera.
Demi menghindari kemungkinan jatuh, gunakan strap yang bisa dikalungkan ke leher anda. Hal ini tentu lebih efektif untuk menghindari kerusakan kamera akibat terjatuh atau tercebur ke dalam air.

5. Jika sedang mengambil gambar di pantai atau laut, bersihkan kamera setelah digunakan dengan lap yang dibasahi untuk menghilangkan garam yang menempel pada kamera kemudian di lap lagi sampai benar-benar kering. Hal ini dikarenakan kandungan garam di laut berpotensi menimbulkan karat.

6. Bersihkan bagian-bagian pada bodi kamera DSLR seperti viewfinder dan tombol navigasi dengan menggunakan kuas, cotton bud dan juga lap microfiber dengan tambahan sedikit air. Jangan lupa untuk memutar tombol-tombol yang jarang digunakan agar tidak kaku dan bersihkan sela-selanya dengan menggunakan kuas tipis.

Tips merawat dan membersihkan kamera DSLR 2

7. Agar kualitas gambar tetap terjaga, bersihkan sensor kamera secara berkala dengan menggunakan cotton bud dan blower. Jika ragu, bawalah ke service center untuk dibersihkan.

8. Jika tidak digunakan, simpan kamera di tempat yang kering dan tidak terkena cahaya matahari langsung seperti dalam dry box atau dry cabinet yang bisa mengontrol tingkat kelembaban demi meminimalisir risiko lensa berjamur. Alternatif lain adalah dengan menggunakan silica gel yang dioleskan pada pinggiran kotak penyimpanan agar tertutup rapat.

Itu tadi 8 step cara merawat dan membersihkan kamera DSLR, semoga tutorial di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin merawat kamera DSLR atau membersihkan kamera DSLR.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Kamera, Tips dan Trik