Tips Merawat dan Memilih Handycam

Tips Handycam
Tips Merawat dan Memilih Handycam

Handycam atau camcorder merupakan salah satu gadget yang memiliki fungsi utama untuk merekam video dan mudah untuk dibawa kemana saja anda berada. Kelebihan handycam yaitu pada bentuknya yang sangat fleksibel sehingga orang dapat menggunakan barang ini untuk mengabadikan setiap peristiwa dalam kehidupan sehari hari.

Selayaknya barang elektronik lain pada umumnya, handycam juga memerlukan perawatan yang lebih dan serius. Perawatan yang baik dan benar dapat membuat handycam lebih awet dan berfungsi normal lebih lama. Dibawah ini ada beberapa tips merawat dan memilih handycam  diantaranya:

1. Perhatikan Kebersihan

Kebersihan menjadi hal yang mutlak dalam merawat handycam atau camcorder. Bersihkanlah setiap selesai digunakan dan secara rutin, mungkin seminggu sekali atau dua kali. Hal ini untuk mengurangi kotoran yang bisa menempel pada bagian handycam.

2. Perhatikan Baterai Handycam Anda

Usahakan tidak sekali-kali anda meninggalkan baterai terpasang dalam camcorder anda ketika tidak anda gunakan, terlebih apabila dalm jangka waktu yang lama. Hal ini dilakukan agar kondisi baterai dapat bertahan dalam waktu yang relative lebih lama.

3. Perhatikan Tempat Penyimpanan Handycam Anda

Jangan letakkan handycam anda pada tempat yang lembab dikarenakan tempat yang lembab akan mengundang datangnya jamur yang dapat menempel pada bagian manapun dari handycam anda. Selain itu, jangan menaruh handycam anda pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung maupun tidak langsung seperti di dalam kendaraan seperti mobil yang masih panas dan terparkir di tempat yang panas.

4. Perhatikan Kaset dari Camcorder Anda

Dalam waktu yang lama atau sedang tidak digunakan usahakan kaset pada camcorder anda selalu dilepas.

5. Jangan lupa Perhatikan Alat Pembersihan

Gunakanlah kain yang didesain secara khusus untuk membersihkan camcorder supaya lebih aman, tahan lama dan tidak merusak bagian dari camcorder anda.

Berikut ada beberapa hal yang perlu anda ketahui jika anda akan memilih atau membeli handycam antara lain sebagai berikut:

  1. Pada teknologi image engine terdapat pilihan CRT, LCD, LDP, serta LCOS. Biasanya orang-orang akan lebih memilih LCD.
  2. Pada bagian pencahayaan atau brightness akan tersedia beberapa ukuran ANSI Lumens. Sebaiknya anda memilih ukuran ANSI Lumens yang lebih besar.
  3. Untuk resolusi pilihlah SVGA. Pilihan resolusi seperti SVGA, SXGA, UXGA, serta XVGA.
  4. Untuk desain, ukuran, warna handycam, serta merk dari handycam itu sendiri silahkan pilih sesuai selera dan daya beli anda, namun semua dikembalikan pada penggunaan dan perawatan dari pemilik itu sendiri.

Demikian ulasan tentang tips merawat dan memilih handycam Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari cara untuk merawat dan memilih handycam yang baik. Terima kasih atas kunjungannya.

Referensi: plasagadget

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tips dan Trik