Tips Merawat Handphone Touchscreen atau Layar Sentuh

Di zaman yang sudah serba canggih ini, rasanya handphone dengan layar sentuh rupanya tidak asing lagi bagi sebagian orang. Berbeda sekali dengan beberapa tahun lalu, disaat masih segar-segarnya handphone tipe O2 yang di kala itu hanya sebagian orang saja yang tahu dan memilikinya.

Saat ini, tidak sedikit berbagai perusahaan elektronik menciptakan handphone touchscreen. Bahkan mereka seakan berlomba-lomba agar bisa menembus pasar dan menarik para pecinta gadget di seluruh dunia untk menggunakan produk-produknya.

Banyak sekali fitur-fitur menarik yang ditawarkan di dalamnya. Karena itulah yang merupakan salah satu daya tarik masyarakat hingga akhirnya memilih handphone touchscreen sebagai alat komunikasinya sehari-hari.

Akan tetapi, sebagian dari mereka masih belum mengetahui dan menyadari, bahwa handphone layar sentuh atau touchscreen juga memerlukan perhatian ekstra dalam perawatannya agar tetap terjaga kualitasnya. Mengapa harus sampai ekstra dalam perawatannya? Itu karena, perawatan layar sentuh sangat berbeda dengan layar biasa. Perawatan yang tidak tepat, akan membuat perangkat mudah rusak dan ini adalah keruian buat Anda pengguna gadget.

Lalu, bagaimana cara merawat handphone layar sentuh yang baik.??

Tips Merawat Handphone Touchscreen

Tidak perlu khawatir, tips cara merawat handphone touchscreen di bawah ini dapat Anda jadikan panduan untuk menjaga dan merawat perangkat Anda tetap awet.

1. Hindari paparan langsung sinar matahari

Sebaiknya, Anda tidak mengeluarkan hadphone saat panas matahari menyengat. Karena dengan memaparkan handphone ke sinar matahari akan bisa merusak kualitas layar. Menurut para ahli, dengan memaparkan sinar matahari langsung yang mengandung sinar ultraviolet yang dapat membuat komponen-komponen penting yang ada di dalamnya.

2. Jangan simpan handphone di kantung celana

Hal inilah yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, yaitu menyimpan handphone touchscreen ke dalam saku celana. Terkesan praktis memang, akan tetapi dengan menyimpannya di saku celana akan membuat layar LCD smartphone Anda tergores dan lama-kelamaan akan berakibat buruk, yaitu merusak layar LCD. Sebenarnya boleh saja jika Anda ingin menyimpannya di saku celana. Akan tetapi dengan catatan bahwa smartphone Anda telah dilengkapi dengan fitur pelindung LCD Gorilla Glas.

Jika Anda terpaksa, pastikan smartphone Anda telah terpasang pelindung yang baik untuk melindungi smartphone Anda.

3. Pastikan memasang screenguard.

Screenguard sangatlah penting untuk melindungi goresan pada layar LCD. Selain itu dapat melindungi dari paparan sinar matahari langsung. Memasang screenguard tidak memerlukan biaya mahal. Masih dengan terjangkau yang ada pada toko aksesoris handphone terdekat.

4. Penggunaan jari

Saat menggunakan jari untuk menyentuh touchscreen juga hal yang tidak kalah pentingnya. Kesalahan dalam menggunakan jari, juga akan mempengaruhi kualitas suatu smartphone. Baiknya saat menyentuhnya, tidak menggunakan jari tangan karena akan merusak layar LCD-nya.

5. Jangan menekan layar handphone

Perlu diketahui! Bahwa ‘Menyentuh’ dan ‘menekan’ memiliki arti yang berbeda. Menyentug berarti hanya menyentuh tanpa memberikan tekanan apapun. Sedangkan menekan adalah memberikan tekanan terhadap sesuatu yang disentuh.

Namanya saja Touchscreen atau Layar sentuh, berarti smartphone ini hanya disentuh saja tanpa memberikan tekanan berlebih. Karena, hal ini akan membuat smartphone semakin cepat rusak.

6. Jauhkan dari benda-benda bermagnet

Jauhkan smartphone dari benda-benda bermagnet seperti, Televisi, kulkas, ataupun radio. Karena, radiasi atau medan magnet akan membuat daya sensitifitas handphone menjadi berkurang. Jadi, sebaiknya letakkan pada tempat yang aman dan tidak membahayakan.

Demikianlah sedikit tips kami tentang cara bagaimana merawat handphone touchscren yang baik dan benar. Anda bisa mencobanya kapanpun dan dimanapun. Sebenarnya, kualitas seuatu produk, tidak hanya tergantung dari bahan dan produsen yang memproduksinya. Akan tetapi, pemilik produk juga ikut berperan dalam menjaga kualitasnya. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, , Gadget, Tips dan Trik